visitaaponce.com

Bantu Siswa Melihat Lebih Jelas, Rohto-Kasoem Kolaborasi Lakukan Pemeriksaan dan Pemberian Kacamata Gratis

Bantu Siswa Melihat Lebih Jelas, Rohto-Kasoem Kolaborasi Lakukan Pemeriksaan dan Pemberian Kacamata Gratis
Pemberian kacamata gratis di program Rohto Peduli di SMPN 85 Jakarta(Dok. Pribadi)

KEBIASAAN menggunakan gawai pada generasi muda meningkatkan prevalensi anak dengan gangguan mata, terutama miopia atau mata minus. Hal itu menimbulkan keprihatinan dari PT Rohto Laboratories Indonesia dan Kasoem Vision Care. 

Lewat program CSR Rohto Peduli, Rohto dan Kasoem menjalin kolaborasi memberikan pemeriksaan mata kepada anak-anak, terutama pelajar SD dan SMP, sekaligus memberkkan kacamata gratis. 

"Harapannya dengan pemberian kacamata gratis ini membantu siswa untuk semakin percaya diri, karena secara psikologis penderita miopia atau minus, mereka malu untuk beritahu orang tua atau guru," kata Mukdaya Massidy, Presiden Direktur PT Rohto Laboratories Indonesia di sela pemberian kacamata gratis kepada siswa SMPN 85 Jakarta, Selasa (27/9).

Mukdaya menambahkan, pihaknya menargetkan membagikan 500 kacamata gratis bagi kalangan pelajar SD dan SMP di kawasan Jabodetabek. Sesudahnya, Rohto Peduli akan menjangkau daerah lain di Indonesia untuk membagikan kacamata gratis.

Pemeriksaan mata terhadap pelajar dilakukan oleh Kasoem Vision Care dengan pemeriksaan penglihatan berupa autoref, subjektif, tiga dimensi, dan tes buta warna. Tes dilakukan pada periode 15 sampai 26 September 2022.

Hasilnya 50 persen lebih anak-anak sekolah yang melakukan pemeriksaan memiliki gangguan penglihatan, yaitu rabun jauh. Bahkan yang lebih mengejutkan, ada anak SD menderita minus 6,5 dan anak SMP menderita minus 11,75. Anak-anak tersebut tidak memakai kacamata sama sekali,

Baca juga : IPK Indonesia: Psikolog Klinis Dapat Diakses di Seluruh Indonesia

Head of Marketing and Business Development Kasoem Group Amar Ramdani mengatakan pemeriksaan penglihatan pada anak-anak bisa dijadikan sebagai agenda rutin. Sebab, hasil pemeriksaannya menunjukan banyak anak-anak usia sekolah yang menderita gangguan refraksi tanpa diketahui.

"Jika mereka melapor kepada orang tua mungkin takut ya. Maka dari itu, harus kita yang jemput bola. InsyaAllah agenda seperti ini masuk wish list Kasoem Vision Care," tutur Amar.

Ia juga berterima kasih terhadap PT Rohto Laboratories Indonesia yang inisiatif menggandeng Kasoem Vision Care untuk melakukan pemeriksaan mata. Jadi, anak-anak sekolah mendapat edukasi terkait merawat mata agar sehat dan mencegah mata dari kerusakan lebih parah.

"Semoga pemberian kacamata ini membantu generasi muda melihat lebih jelas saat belajar. Sehingga, tak ada hambatan bagi mereka mewujudkan cita-cita dan fokus berkarya di masa yang akan datang," ujar Amar.

Siswa yang memiliki keluhan medis akan diberikan rekomendasi untuk pemeriksaan lanjut ke dokter spesialis. Sementara, siswa yang telah mendapat diagnosis akan mendapat kacamata gratis. (RO/OL-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat