visitaaponce.com

UI Kerja Sama Riset dengan PT NGE, Cegah Stunting dan Kurang Gizi

UI Kerja Sama Riset dengan PT NGE, Cegah Stunting dan Kurang Gizi
Ilustrasi riset(Antara)

UNIVERSITAS Indonesia menjalin kerja sama dengan PT Nusantara Green Energy (PT NGE) untuk penelitian peningkatan nilai tambah Steamless Palm Oil (SPO) untuk pencegahan stunting dan kekurangan gizi (malnutrisi).

Kerja sama dengan PTNGE itu dilakukan melalui Unit Kerja Khusus Lembaga Sains Terapan (UKK LST) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA).

Direktur Utama (Dirut) PT NGE, Sahat M Sinaga menjabarkan, kerja sama tersebut sangat penting karena UI dianggap memiliki fakultas yang sangat lengkap.

“Kerja sama dengan UI sangat penting karena di sini lengkap dengan Fakultas yang ada. Kita membuat sejarah sekarang,” kata dia, Selasa (27/9).

Ia mengatakan proses pembuatan minyak harus dilakukan dengan baik sehingga kandungan vitaminnya tidak hilang. Vitamin A dalam minyak bisa dihasilkan dengan teknologi SPO. Selain itu, teknologi SPO juga bisa mengurangi emisi karbon. “Vitamin A adalah murni karena naturalisasi,” ujarnya.

Sementara itu tempat yang sama, Komisaris Utama PT NGE, Bambang Brodjonegoro menambahkan, SPO akan memudahkan petani sawit mengolah tandan buah segar (TBS). Bahkan mesinnya, juga dapat dimiliki para petani sawit melalui koperasi.

“Mesin lebih kecil dan lebih flesksibel. Lokasi jauh lebih dekat dengan kebun milik rakyat sehingga biaya trasnportasi bisa menurun dengan signifikan,” katanya.

Oleh karenanya, dia mengusulkan agar petani sawit membentuk koperasi. "Yang membeli mesin lalu mengoperasikan. Apakah CPO atau Vigin Palm Oil,” ujarnya.

Wakil Rektor UI Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Abdul Haris menambahkan juga bahwa, pihaknya sangat mendukung kerja sama ini. Kerja sama dengan industri diperlukan untuk terus mengembangkan riset dan penelitian.

“UI sangat mendukung dengan karya - karya inovasi yang dilakukan para peneliti UI dan UI juga selalu kerja sama dengan semua kalangan salah satunya dengan industri. Itu kenapa pada hari ini kita melakukan kerja sama penandatanganan kerja sama antara riset pengembangan SPO tadi dengan PT NGE,” pungkasnya (H-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat