visitaaponce.com

Dapat Nobel Sastra, Annie Ernaux Berjanji Terus Perangi Ketidakadilan

Dapat Nobel Sastra, Annie Ernaux Berjanji Terus Perangi Ketidakadilan
Penulis Prancis Annie Ernaux memberikan konferensi pers usai dinyatakan sebagai pemenang Nobel Sastra.(AFP/JULIEN DE ROSA)

PEMENANG Hadiah Nobel Sastra Annie Ernaux, Kamis (6/10), mengatakan penghargaan itu membuat dirinya bertanggung jawab untuk terus melanjutkan perang melawan ketidakadilan.

Disebut sebagai ikon feminis karena memoarnya mengenai kehidupan sebagai seorang perempuan di Prancis modern, penulis berusia 82 tahun itu mengatakan, "Saya tidak pernah merasa sebagai seorang pemberani. Saya tidak berani namun saya hanya harus melakukannya."

Dia mengakui sastra tidak bisa memiliki pengaruh segera namun dia merasa ada kebutuhan untuk terus berjuang bagi hak perempuan dan kaum tertindas.

Baca juga: Teliti tentang Genom Neanderthal, Ilmuwan Swedia Svante Pääbo Raih Nobel Kedokteran

Ernaux kemudian mengaku senang banyak kaum muda yang membaca buku-bukunya.

"Hal itu menunjukkan bahwa apa yang saya tulis masih hidup, masih bisa bergaung. Dari penghargaan yang bisa saya dapatkan sebagai seorang penulis, ini adalah yang terhebat," ujar Ernaux.

Dia kemudian menggarisbawahi pentingnya untuk melanjutkan perjuangan kaum feminis saat hak untuk mendapatkan aborsi ditolak di Amerika Serikat (AS) dan negara-negara lain di dunia.

"Bagi saya, tampanya perempuan tidak sejajar dengan laki-laki dalam hal kebebasan dan kekuasaan. Kami masih didominasi," ungkapnya.

Ernaux kemudian juga menyatakan dukungannya bagi warga Iran yang memprotes keharusan memakai hijab. "Saya sangat mendukung perempuan yang melawan terhadap pembatasan hak mereka."

Ernaux diumumkan menjadi pemenang Hadiah Nobel Sastra pada Kamis (6/10). Dia menjadi perempuan ke-17 dan warga Prancis ke-16 yang memenangkan penghargaan itu sejak penghargaan itu mulai diberikan pada 190`. (AFP/OL-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat