visitaaponce.com

Ini Makanan Mengandung Zat Besi, Bisa Cegah Anemia

Ini Makanan Mengandung Zat Besi, Bisa Cegah Anemia
Seorang pekerja mengantungkan ikan yang siap dimasak di sentra UMKM cakalang fufu (asap) di Desa Hulawa, Gorontalo.(Antara/Adiwinata Solihin.)

SEL darah merah merupakan salah satu komponen yang memiliki fungsi krusial bagi tubuh. Sel darah merah memiliki tugas untuk mengikat oksigen dan mendistribusikannya ke dalam tubuh. Kekurangan sel darah merah pasti memengaruhi distribusi oksigen pada tubuh. 

Kondisi kekurangan sel darah merah disebut juga dengan anemia. Untuk mengatasi anemia, anda dapat mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi zat besi yang menjadi pembentuk hemoglobin. Berikut daftar makanan yang mengandung zat besi untuk mengatasi anemia.

Daging sapi

Daging sapi sebagai salah satu jenis dari daging merah memiliki kandungan zat besi yang tinggi untuk mencukupi kebutuhan zat besi pada tubuh. Dalam 100 gram daging sapi, setidaknya terdapat 3 mg zat besi. Dengan olahan yang baik, daging sapi dapat menjadi makanan penghasil zat besi yang digemari karena rasanya yang enak.

Ikan dan makanan laut

Berbagai jenis ikan dan olahan makanan laut juga mengandung zat besi yang baik dan dibutuhkan pada tubuh. Ikan baronang diketahui memiliki 3,8 miligram zat besi pada 100 gram penyajiannya. Berbagai jenis ikan lain juga memiliki zat besi dengan jumlah yang baik untuk diperoleh bagi tubuh.

Bayam

Bayam menjadi salah satu jenis sayur hijau yang mengandung zat besi yang cukup dan dibutuhkan bagi tubuh. Tercatat, dalam 180 gram bayam memiliki setidaknya 7 miligram zat besi. Bukan hanya itu, bayam memiliki kandungan nutrisi lain yang dibutuhkan oleh tubuh seperti vitamin C.

Tahu

Tahu juga merupakan salah satu makanan sumber zat besi yang tinggi bagi tubuh. Dalam 100 gram tahu, setidaknya terdapat 5 miligram zat besi yang dapat diperoleh.

Kacang-kacangan

Berbagai jenis kacang seperti kacang tanah, kacang almon, kacang kedelai, dan berbagai jenis kacang lain juga memiliki kandungan zat besi yang tinggi dan baik bagi tubuh. Selain itu, dengan pengolahan yang baik, kacang dapat menjadi jenis makanan yang mudah untuk dikonsumsi. (OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat