visitaaponce.com

Memperkuat Cinta Budaya Indonesia kepada Generasi Muda

Memperkuat Cinta Budaya Indonesia kepada Generasi Muda
Siswa siswi Sekolah Alam Cikeas, Bogor, Jawa Barat, mengikuti kegiatan Heritage Festival, Sabtu (19/11).(Ist)

PERHELATAN Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G-20 di Bali sukses dilaksanakan dan banyak mendapat apresiasi positif dari dunia internasional. Termasuk kekayaan budaya Tanah Air yang ditampilkan di hadapan para pemimpin negara dan delegasi negara G-20.

Untuk itu, sebagai wujud rasa syukur atas apresiasi dunia internasional terhadap budaya Indonesia, Sekolah Alam Cikeas, Bogor, Jawa Barat, menyelenggarakan acara Heritage Festival selama dua hari, 18-19 November 2022.

Dengan menggusung tema 'Lets Keep Our Heritage Alive', kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat rasa cinta dan upaya pelestarian budaya Indonesia kepada generasi muda, khususnya bagi peserta didik mulai dari kelas taman bermain (playgroup), TK, SD, SMP, dan SMA.  

"Acara KTT G-20 sukses mengenalkan keanekaragaman budaya Indonesia ini, kita maknai dengan upaya mempertebal rasa cinta Tanah Air kepada generasi muda untuk terus melestarikan kekayaan budaya," ujar Suratto Siswodihardjo, Ketua Umum Yayasan Bhakti Suratto sekaligus pendiri Sekolah Alam Cikeas, dalam keterangannya, Sabtu (19/11).


Baca juga: Siswa Belajar Entrepeneur Lewat Labschool in Wonderland


Dalam rangkaian Heritage Festival ini juga ditampilkan acara pra-kegiatan, yaitu Museum Wastra Nusantara, yang memamerkan berbagai macam kain tenun dari berbagai daerah di Indonesia. Peserta didik pun sangat antusias dengan langkah konkret upaya melestarikan kekayaan budaya Indonesia.

"Saya ikut merasakan bangga atas keberhasilan G-20 mengenalkan kekayaan budaya Indonesia," ujar Ruby, siswi kelas V sekolah dasar dengan penuh semangat.

Heritage Festival Sekolah Alam Cikeas juga diisi dengan mengenalkan musik dan permainan tradisional, pentas tari serta pawai budaya dengan kostum pakaian daerah.

"Dengan spirit 'Karena Budaya Kita Kaya' ini diharapkan generasi muda dapat merepresentasikan identitas tanah air dengan berbagai kreasi dan karya," jelas Kunti Indra, Direktur Sekolah Alam Cikeas. (RO/OL-16)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat