visitaaponce.com

Rahasia Belajar yang Benar Diungkap KH Hasyim Asyari

Rahasia Belajar yang Benar Diungkap KH Hasyim Asyari
Santri mengikuti kajian kitab kuning di Ponpes Salafi Nurul Ihsan, Lebak, Banten, Kamis (14/4/2022).(Antara/Muhammad Bagus Khoirunas.)

DALAM menuntut ilmu, para murid atau siswa atau penuntut ilmu harus memiliki cara yang benar. Para ulama menyampaikan cara belajar yang benar agar ilmu dapat masuk dengan mudah dalam diri pencari ilmu.

Itu dijelaskan oleh KH Hasyim Asy'ari dalam kitab Adab al-Alim wal Muta'alim. Ada beberapa hal terkait belajar yang benar untuk dilakukan para pecinta ilmu. Berikut penjelasannya sebagaimana dilansir @limofficial_lirboyo di Instagram.

Bersihkan hati 

Kebersihan hati merupakan cara pertama belajar yang hendaknya diperhatikan, baik bersih dari hal-hal tercela, budi pekerti buruk, pikiran kotor, dan lain-lain. Hal ini bertujuan supaya ilmu yang ingin kita serap bisa mudah merasuk ke dalam hati. 

Baca juga: 10 Syair Cinta Allah Sufi Wanita Rabiah Al-Adawiyah

Itu diibaratkan dengan aliran sungai. Dari hulu ke hilir, sungai haruslah bersih dari sampah sehingga air berjalan dengan lancar.

Perbaiki niat 

Memperbaiki niat juga tak kalah penting. Dalam belajar (setidaknya) niat yang baik yaitu untuk mendekatkan diri kepada Allah. Sukses mendapat harta, jabatan, pandangan, kehormatan, dan lain sebagainya jangan sampai menjadi prioritas dalam mencari ilmu, ya!

Jangan tunda 

Menyegerakan diri dalam menuntut ilmu selagi muda ialah salah satu dorongan yang layak diperhitungkan. Mumpung masih muda, repotnya belum seberapa.

Baca juga: Asmaul Husna: Allah Al-Wasi Punya Keluasan tanpa Batas

Karena jika kita mengulur-ulur waktu melulu, nanti kita keburu dewasa. Punya tanggunggan sana-sini padahal belum sempat menorehkan prestasi. Sedangkan di luar sana sudah banyak anak muda yang sukses berprestasi. 

Bersahaja

Biasakan hidup sederhana, entah dalam hal makanan, pakaian, ataupun dalam hal fasilitas. Hal ini supaya kita tidak terlena dengan kemapanan di sekeliling kita. Lagi pula hidup sederhana tidak akan mengancam nyawa kita kok! Ingat, biaya hidup itu murah. Yang mahal itu apa? Gaya hidup yang membuatnya mahal. 

Atur waktu 

Manajemen waktu yang tepat sebenarnya tidak hanya berlaku bagi seorang pelajar, tetapi bahkan hampir di seluruh lika-liku kehidupan. Waktu yang tidak dikelola dengan baik akan berlalu dengan sia-sia tanpa makna.

Waktu terbaik 

Khusus untuk belajar, KH Hasyim Asy'ari merekomendasikan sejumlah waktu khusus untuk tindakan tertentu dalam menuntut ilmu.

Baca juga: Doa agar Penglihatan Tajam dan Mata tidak Rabun

a. Menghafal pelajaran paling bagus di waktu sahur.
b. Waktu diskusi ialah pagi hari. 
c. Membaca pelajaran di malam hari.
d. Menulis pelajaran afdolnya pada siang hari.

Tempat terbaik

Sedangkan untuk rekomendasi tempat yang mendukung untuk belajar setidaknya yaitu tempat dengan suasana tenang dan jauh dari hiruk pikuk kebisingan. Mungkin itu kami jabarkan di bagian selanjutnya. (OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat