visitaaponce.com

Bakti Lingkungan Djarum Foundation Sediakan Bibit Pohon Gratis

Bakti Lingkungan Djarum Foundation Sediakan Bibit Pohon Gratis
Pusat Pembibitan Tanaman di Djarum Oasis Kretek Factory, Kudus.(MI/Retno Hemawati)

Bakti Lingkungan Djarum Foundation (Bakti Lingkungan Djarum Foundation) melalui programnya Djarum Trees for Life  mengajak masyarakat luas untuk menanam pohon. Mereka bahkan menyediakan ratusan bibit tanaman melalui Pusat Pembibitan Tanaman di Djarum Oasis Kretek Factory, Kudus yang bisa diperoleh gratis oleh masyarakat.

Secara rutin, BLDF membagikan bibit gratis ke masyarakat, yang mana hal ini sejalan dengan program pembagian bibit yang juga digalakkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Untuk memastikan bibit yang disemai dapat tumbuh dengan baik, serta mengembangkan teknik perawatan tanaman dengan hasil paling efektif, PPT Kudus bekerja sama dengan peneliti dan akademisi.

Mereka gencar mengajak masyakart untuk menanam pohon dengan mempertimbangan target penurunan emisi karbon menjadi 31,89 persen pada 2030 menjadi agenda penting pemerintah. Target ini memerlukan dukungan semua pihak, termasuk penggiat lingkungan, akademisi, generasi muda, dan tak terkecuali media massa.

Bibit-bibit terbaik serta menanam pohon juga telah ditanam di wilayah-wilayah krusial di Indonesia sebagai wujud nyata dukungan dalam upaya untuk bersama-sama mengurangi dampak buruk dari perubahan iklim.

Abdurrachman Aldilla, Program Associate BLDF mengatakan pihaknya BLDF senantiasa berkomitmen menggandeng lebih banyak pihak. "Termasuk melibatkan generasi muda untuk menyebarluaskan semangat cinta lingkungan dari mulai cara yang paling sederhana yaitu menanam pohon serta merawatnya."

Dia menambahkan, "Tidak hanya di Pantai Utara Jawa, penanaman juga sudah kami lakukan di jalur Trans Sumatra. Kami ingin nanti hingga 2030 bisa menanam pohon dari Bakauheni hingga Aceh. Kami juga terbuka untuk bekerja sama dengan berbagai pihak, pemerintah daerah, komunitas, dan pihak lain," tambah Aldi.

BLDF senantiasa berkomitmen menggandeng lebih banyak pihak termasuk melibatkan generasi muda untuk menyebarluaskan semangat cinta lingkungan dari mulai cara yang paling sederhana yaitu menanam pohon serta merawatnya.

Media Indonesia, pada Rabu (23/11) berkesempatan mengunjungi Pusat Pembibitan Tanaman di Djarum Oasis Kretek Factory, Kudus. Dari luas 82 hektare, seluas empat hektare dikhususkan untuk pembibitan tanaman. Setidaknya terdapat 360 jenis pohon yang telah disemai dan tumbuh dengan sehat. "Jika ada perorangan menginnginkan ya memang boleh minta pada kami, tetapi jika ada kebutuhan lebih banyak misalnya komunitas boleh mengajukan proposal," tutup Aldi. (OL-12)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Retno Hemawati

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat