visitaaponce.com

Beli Sepatu Lebih Baik di Sore Hari, Kenapa Ya

Beli Sepatu Lebih Baik di Sore Hari, Kenapa Ya?
Perajin membuat sepatu rajut di Cemorokandang, Malang, Jawa Timur.(Antara/Ari Bowo Sucipto.)

MEMBELI sepatu lebih baik dilakukan di sore hari dibandingkan pada saat pagi atau siang hari. Kenapa dan apa alasannya ya?

"Waktu kita mau membeli sepatu, sebaiknya dilakukan di sore hari. Ini karena kalau pagi hingga siang hari itu kakinya beraktivitas jadi membesar sehingga rasanya sempit. Jadi sebaiknya beli sepatu di sore hari," ungkap dokter spesialis bedah ortopedi dr. Langga Sintong, Sp.OT dari RS Siloam Kebon Jeruk, Jakarta, Kamis (24/11).

Tak hanya itu, Langga mengingatkan agar masyarakat memahami bentuk dan karakteristik kakinya sebelum membeli sepatu. Soalnya, sepatu yang tidak pas dengan bentuk kaki akan mengakibatkan kaki menjadi tidak nyaman saat berjalan.

"Yang paling pertama ialah kita harus mengetahui bentuk dan karakteristik kaki kita. Ini karena kaki kita masing-masing berbeda. Ada yang kakinya flat, ada high arch, jadi kita harus mengetahui bentuk kaki kita," ujar Langga.

Kemudian, tentukan kegunaan sepatu saat hendak membelinya. Sepatu yang tidak tepat penggunaannya juga akan memengaruhi kenyamanan. Jika digunakan untuk berolahraga, Langga menyarankan untuk menggunakan sepatu yang spesifik.

Saat membeli sepatu, Langga juga mengatakan bahwa sebaiknya masyarakat membawa sepatu lama dan kaus kaki. Saat mencoba, gunakanlah kedua sepatu dan pakailah berjalan sebentar. Dengan demikian, kita dapat merasakan sendiri sepatu baru tersebut cukup nyaman digunakan. 

"Kedua sepatunya untuk apa, apakah untuk olahraga? Olahraga juga macam-macam. Ada tenis, ada basket, badminton, bola. Jadi berbeda kegunaannya," kata Langga.

"Sewaktu membeli sepatu, bawa sepatu yang lama dan kaus kaki. Kaus kaki yang tipis dan tebal juga berbeda. Kemudian, saat ingin membeli sepatu juga coba pakai keduanya dan berjalan sebentar untuk mengetahui kenyamanannya," tambahnya.

Terakhir, Langga juga mengingatkan agar masyarakat tak hanya terpaku pada model ketika membeli sepatu. Kenyamanan ialah hal utama yang harus diperhatikan saat membeli sepatu. Soalnya, sepatu yang tidak pas akan menyebabkan masalah pada kaki. 

"Jangan kepancing yang namanya model. Enggak bisa dipungkiri ya kita selalu terpancing sama yang eye cathing. Namun pilihlah yang nyaman. Karena nyaman sudah pasti pas, tetapi pas belum tentu nyaman," tutupnya. (Ant/OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat