visitaaponce.com

Memprihatinkan, 319 Remaja Tulungagung Terinfeksi HIVAIDS

Memprihatinkan, 319 Remaja Tulungagung Terinfeksi HIV/AIDS
Memprihatinkan, 319 Remaja Tulungagung Terinfeksi HIV/AIDS(MGN/Dwi Wianto )

AKSI peduli dilakukan oleh ratusan warga dan simpatisan dalam memperingati Hari AIDS Sedunia di sekitar Alun-alun Kota Tulungagung, Jawa Timur, yang jatuh pada 1 Desember.

Bertemakan Satukan Langkah Cegah HIV/AIDS, para simpatisan melakukan serangkaian acara di antaranya membagikan brosur dan bunga mawar serta menyediakan pelayanan gratis cek HIV/AIDS juga bimbingan konseling terkait virus yang mematikan tersebut.

Baca juga: Masyarakat Diharapkan Pulih dan Bangkit agar Cianjur Lebih Baik Lagi

Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS Tulungagung Ifada Nur Rohmania mengatakan, perkembangan kasus positif HIV/AIDS di Kota Tulungagung sudah masuk dalam tahap yang memprihatinkan terutama di kalangan remaja.

“319 remaja dalam rentang umur 15-24 tahun umumnya tertular akibat kegiatan transmisi seksual dan ini perlu serangkaian upaya untuk menangulanginya,” ucap Ifada. 

Sementara itu, Kabid P2P Dinas Kesehatan Tulungagung Didik Eka mengakui ada 4 warga yang meninggal dunia akibat virus HIV/AIDS pada 2022.

“Mereka lolos follow up karena sesuatu hal dan menghentikan minum obat antiretroviral (ARV) yang seharusnya berfungsi untuk menekan pertumbuhan virus, sehingga kekebalan tubuhnya menjadi lemah dan mudah terserang penyakit lainnya,” ujar Didik.

Berdasarkan data Komisi Penanggulangan AIDS diketahui kasus HIV/AIDS di Tulungagung mencapai 3.177 kasus dan sekitar 400 orang dinyatakan meninggal dalam periode kurun waktu 16 tahun hingga akhir 2022 ini. (Mef/A-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Irvan Sihombing

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat