visitaaponce.com

Pengertian Ensambel Jenis dan Contoh Alat Musik

Pengertian Ensambel Jenis dan Contoh Alat Musik
Kelompok musik Ensambel Selisih dari Jerman membawakan komposi untuk suling, 2 saksofon, dan piano berjudul Twitter karya Robin Toan.(Antara/Dodo Karundeng.)


MENURUT Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), ensambel merupakan kelompok pemain musiK (penyanyi) yang bermain bersama secara tetap. Beberapa musik ensambel terdiri dari instrumen, seperti orkestra atau kuartet jazz. 

Beberapa lain juga terdiri dari penyanyi, seperti grup doo pop atau paduan suara. Ada juga ensambel ketika instrumentalis dan penyanyi tampil dalam musik klasik dan musik populer, contohnya band rock. Di bawah ini penjelasan jenis ensambel dan contohnya.

Ensambel perkusi  

Pemainnya menggunakan alat-alat musik yang termasuk perkusi, seperti rebana, rampak gendang, marching band, drumband, gendang, dan lain sebagainya.

Ensambel gesek 

Ini berisi sekelompok alat musik gesek, misalnya, biola, contra bass, dan cello.

Ensambel tiup 

Semua instrumen musiknya terdiri dari alat musik tiup, seperti flute, rekorder, trumpet, trombon, saksofon, oboe, klarinet, sampai french horn.

Kuartet gesek 

Suatu kelompok yang terdiri dari dua biola, satu violin, serta satu cello.

Ensambel campuran 

Ini menggunakan beberapa atau berbagai macam jenis alat musik seperti biola, cello, simbal, dan contra bass, juga ada alat yang berperan sebagai harmonis atau melodis, dan ritmis.

Ensambel kecil 

Sekelompok musisi yang terdiri atas dua sampai delapan. Berikut jenis yang termasuk dalam ensambel kecil.

1. Duet.

Terdiri atas dua musisi atau komposisi yang tampil bersama atau dimaksudkan untuk dimainkan oleh dua musisi, baik pada instrumen yang berbeda atau serupa. Misalnya, duet piano atau piano untuk empat tangan.

2. Trio.

Tiga musisi yang tampil bersamaan dengan potongan musik dimaksudkan untuk dimainkan oleh tiga musisi atau potongan musik dimaksudkan untuk tiga instrumen. Misalnya, trio string terdiri dari cello, dan dua biola.

3. Kuartet.

Empat musisi tampil bersama atau komposisi yang dimaksudkan untuk dimainkan oleh empat musisi atau komposisi untuk empat instrumen. Contohnya, kuartet gesek yang terdiri dari satu cello, dan tiga biola.

4. Quintet.

Terdapat lima musisi yang tampil bersama dengan karya musik yang dimaksudkan untuk dimainkan oleh lima musisi atau karya musik yang mencakup lima instrumen. Misalnya, Piano Quintet Schubert dalam A mayor terdiri dari piano, bass, cello, dan dua biola.

5. Sextet.

Enam musisi tampil bersama. Komposisi yang dimaksudkan untuk dimainkan oleh enam musisi atau komposisi untuk enam instrumen. Sebagai contoh, string sextet terdiri dari dua cello, empat biola.

6. Septet.

Terdiri dari tujuh musisi atau sepotong musik dimaksudkan untuk dimainkan oleh tujuh musisi. Bisa juga sepotong musik untuk tujuh instrumen. Misalnya, Septet Beethoven di E-Flat Major, Op. 20 terdiri dari bassoon, cello, klarinet, double bass, horn, dan dua biola.

7. Oktet.

Ensambel yang terdiri dari delapan musisi. Bisa juga merujuk pada komposisi yang dimaksudkan untuk dimainkan oleh delapan musisi atau komposisi untuk delapan instrumen. Octet for Strings in E flat major, Op. 20 milik Mendelssohn awalnya termasuk dua cello, dan enam biola. (OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat