visitaaponce.com

Ini Bahaya Bunga Telang, Ternyata Ada Efek Sampingnya Lho

Ini Bahaya Bunga Telang, Ternyata Ada Efek Sampingnya Lho
Warga memetik bunga telang(ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani)

BUNGA Telang dikenal dengan warna birunya yang khas dan coraknya yang indah. Namun, selain karena warnanya, bunga telang juga dikenal karena dapat dikonsumsi dan memiliki beragam manfaat yang baik bagi tubuh. Kendati demikian, bunga telang juga memiliki bahaya atau efek samping. Berikut adalah penjelasan mengenai bunga telang.

Bunga telang atau yang bernama latin Clitoria Ternatea adalah tanaman yang terkenal karena bunganya berwarna biru cerah dan dapat dimakan. Bunga telang yang diolah dapat dijadikan sebagai teh atau juga campuran bagi kosmetik, karena warnanya yang indah.

Baca juga: Pikat Anak-Anak dengan 'Bak Chang' Bunga Telang untuk Rayakan Festival Perahu Naga

Anda dapat mengonsumsi bunga telang yang telah diolah menjadi teh dengan mencampurkannya pada air hangat atau panas, dan dapat langsung diseduh. Mengonsumsi bunga telang dapat membantu anda untuk menurunkan berat badan, mengontrol gula darah, kaya akan antioksidan, dan bersifat anti-inflamasi.

Bahaya Bunga Telang

Kendati memiliki fungsi dan manfaat yang banyak bagi tubuh, bunga telang yang dikonsumsi secara berlebihan juga memiliki efek samping berbahaya bagi tubuh. Konsumsi yang berlebihan akan menyebabkan efek samping seperti mual, diare, dan sakit perut. Maka, pastikan anda mengonsumsi bunga telang pada porsi secukupnya.(OL-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat