visitaaponce.com

Profil 12 Murid Yesus yang Tertulis dalam 3 Injil di Alkitab

Profil 12 Murid Yesus yang Tertulis dalam 3 Injil di Alkitab
Pengunjung memoto lukisan Perjamuan Terakhir antara Yesus dan ke-12 muridnya karya Leonardo da Vinci di Milan, Italia.(AFP/MIGUEL MEDINA)

MENURUT Alkibat, Yesus memiliki 12 murid yang diutus sebagai rasul. Penetapan ke-12 rasul tersebut terdapat dalam injil Matius 10:1-4, Markus 3:13-19, dan Lukas 6:12-16.

Baca juga: Doa Pengakuan Dosa Serta Tata Cara Tobat Umat Kristen dan Katolik

Matius 10:1-4

Yesus memanggil kedua belas murid-Nya dan memberi kuasa kepada mereka untuk mengusir roh-roh jahat dan untuk melenyapkan segala penyakit dan segala kelemahan. Inilah nama kedua belas rasul itu: Pertama Simon yang disebut Petrus dan Andreas saudaranya, dan Yakobus anak Zebedeus dan Yohanes saudaranya, Filipus dan Bartolomeus, Tomas dan Matius pemungut cukai, Yakobus anak Alfeus, dan Tadeus, Simon orang Zelot dan Yudas Iskariot yang mengkhianati Dia.

Markus 3:3-19

Kemudian naiklah Yesus ke atas bukit. Ia memanggil orang-orang yang dikehendaki-Nya dan mereka pun datang kepada-Nya. Ia menetapkan dua belas orang untuk menyertai Dia dan untuk diutus-Nya memberitakan Injil dan diberi-Nya kuasa untuk mengusir setan. Kedua belas orang yang ditetapkan-Nya itu ialah: Simon, yang diberi-Nya nama Petrus, Yakobus anak Zebedeus, dan Yohanes saudara Yakobus, yang keduanya diberi-Nya nama Boanerges, yang berarti anak-anak guruh, selanjutnya Andreas, Filipus, Bartolomeus, Matius, Tomas, Yakobus anak Alfeus, Tadeus, Simon orang Zelot, dan Yudas Iskariot, yang mengkhianati Dia.

Lukas 6:12-16

Pada waktu itu pergilah Yesus ke bukit untuk berdoa dan semalam-malaman Ia berdoa kepada Allah. Ketika hari siang, Ia memanggil murid-murid-Nya kepada-Nya, lalu memilih dari antara mereka dua belas orang, yang disebut-Nya rasul: Simon yang juga diberi-Nya nama Petrus, dan Andreas saudara Simon, Yakobus dan Yohanes, Filipus dan Bartolomeus, Matius dan Tomas, Yakobus anak Alfeus, dan Simon yang disebut orang Zelot, Yudas anak Yakobus, dan Yudas Iskariot yang kemudian menjadi pengkhianat.

Kedua belas murid Yesus

  1. Simon Petrus – Berprofesi sebagai nelayan, ia bekerja di Kapernaum. Petrus sempat menyangkal Yesus selama tiga kali. Namun, ia dipulihkan dan diberi tugas untuk menggembalakan domba atau umat.
  2. Andreas – Andreas tinggal bersama Petrus dan menjadi penjala ikan. Andreas merupakan sosok yang membawakan anak kecil dengan lima roti dan dua ikan.
  3. Yakobus – Yakobus adalah sosok pembicara dan deklamator yang baik. Sebelumnya ia bekerja sebagai nelayan bersama Yohanes dan ayahnya.
  4. Yohanes anak Zebedeus – Yohanes merupakan murid Yesus yang paling muda. Ia baru saja meninggalkan masa remaja ketika menjadi murid-Nya.
  5. Filipus – Filipus pertama kali bertemu dengan Yesus di seberang sungai Yordan, Betania. Setelah dipanggil sebagai murid, Filipus membawa Natanael atau Bartolomeus untuk menjadi murid Yesus.
  6. Bartolomeus – Bartolomeus memiliki pikiran yang terbuka. Ia juga merupakan sosok yang jujur, cerdas, dan tulus.
  7. Tomas – Tomas dengan kepribadiannya yang lemah dan ragu, dapat berubah karena pertemuannya dengan Yesus.
  8. Matius – Matius atau Lewi adalah seorang pemungut cukai yang bekerja untuk pemerintah Romawi. Ia dipandang buruk oleh orang Yahudi karena pekerjaannya.
  9. Yakobus Anak Alfeus – Yakobus merupakan seorang pemungut cukai yang bertugas sebagai kolektor pajak.
  10. Tadeus – Tadeus memiliki nama lain Lebbaeus dan Yudas.
  11. Simon Orang Zelot – Suku Zelot merupakan suku yang suka memberontak terhadap pemerintahan Romawi.
  12. Yudas Iskariot – Yudas Iskariot mengkhianati Yesus dengan menjual Yesus seharga 30 keping uang perak. Ia akhirnya bunuh diri dengan cara gantung diri karena menyesal. (OL-1)


Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat