visitaaponce.com

Gempa Guncang Pangandaran dan Garut, Tidak Berpotensi Tsunami

Gempa Guncang Pangandaran dan Garut, Tidak Berpotensi Tsunami
Gempa Pangandaran(Dok BMKG)

HARI Selasa, 3 Januari 2023 pukul 06:55:20 WIB, wilayah Pangandaran dan Garut diguncang gempa bumi tektonik. Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini berkekuatan 4,9 magnitudo. Hasil pemodelan BMKG menunjukkan bahwa gempa itu tidak berpotensi tsunami.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Daryono mengungkapkan, episenter terletak pada koordinat 8.14 LS dan 107.88 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 83 km Barat Daya Kabupaten Pangandaran Jawa Barat pada kedalaman 29 km.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas penyesaran di dasar laut di Samudra Hindia selatan Jawa Barat," kata Daryono dalam keterangan resmi, Selasa (3/1).

Baca juga: Biofiltrasi untuk Peningkatan Kualitas Air Budi Daya Udang Putih

Dampak gempabumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempabumi ini dirasakan di Garut, Pangalengan, Bungbulang, Pameungpeuk, Sindangbarang, dan Cidaun, dalam Skala Intensitas III MMI.

Di Pangandaran, Tasikmalaya, Cisompet, dan Kota Banjar dalam Skala Intensitas II - III MMI.

Di Sukabumi, Cianjur dan Kab. Bandung dalam Skala Intensitas II MMI.

"Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut," pungkasnya.(H-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Indrastuti

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat