visitaaponce.com

BPOM Dukung Penuh Pengembangan Farmasi Indonesia

BPOM Dukung Penuh Pengembangan Farmasi Indonesia
Kepala BPOM Penny K.Lukito (kiri)saat meninjau ruang produksi pabrik obat biosimilar PT Kalbio Global Medika, di kawasan Delta Silikon, Cik(dok.Ant)

KEPALA Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Penny K Lukito menyatakan kerja sama dalam pengembangan industri farmasi di Indonesia sangat penting. Kerja sama itu diharap bisa menguatkan solidaritas pemerintah, pelaku usaha, dan masyarakat.

"BPOM harus bersinergi dengan kementerian/lembaga terkait, pemerintah daerah, pelaku usaha, akademisi, masyarakat, dan media untuk memberikan perlindungan kesehatan masyarakat dan peningkatan daya saing bangsa melalui obat dan makanan aman," ucap Penny melalui keterangan yang dikutip pada Rabu (18/1/2023).

Hal tersebut dikatakan Penny merespons pameran sistem pengawasan life cycle produk obat dan makanan. Penelitian dan pengembangan farmasi di Indonesia dinilai wajib. Kemajuan industri medis di Tanah Air tidak boleh kalah dengan negara lain.

"Terdapat inisiatif yang kami jalankan sebagai upaya bersama memajukan industri farmasi, mendorong industri farmasi lebih dalam lagi, melakukan research dan pengembangan, termasuk local content," kata Direktur PT Kalbe Farma Tbk Sie Djohan.

Sie mengatakan pihaknya telah berpartisipasi dalam pameran sistem pengawasan life cycle produk obat dan makanan. Sie juga menyebut sejumlah inovasi dalam bidang kesehatan ditampilkan pihaknya dalam pameran itu.

Beberapa inovasi yang ditampilkan yakni hemapo atau epoetin alfa, leucogen atau filgrastim, rituxikal atau rituximab, ezelin atau insulin glargine, efesa atau efepoetin alfa, bioreaktor dan akta flux.

Sejumlah siswa di Sekolah Menengah Atas (SMA) di Jakarta juga ikut dalam acara itu. Dengan partisipasi tersebut, industri farmasi di Indonesia diharap cepat maju.

"Kami turut berpartisipasi dalam acara ini sebagai bentuk apresiasi kami atas kerja sama baik yang selama ini terjalin dengan BPOM," ucap Sie. (medcom.id/OL-13)

Baca Juga: Kolaborasi BPOM, GAPMMI dan Mayora Hadirkan Edukasi ...

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat