visitaaponce.com

BMKGPotensi Hujan Lebat di Hampir Seluruh Wilayah Indonesia Esok Hari

BMKG: Potensi Hujan Lebat di Hampir Seluruh Wilayah Indonesia Esok Hari
Warga melintasi banjir di Korong Kasai, Nagari Tapakis, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat, Selasa (24/1/2023).(ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra)

PUSAT Tekanan Rendah terpantau di Laut Timor dan di Samudra Hindia selatan Jawa Tengah yang membentuk daerah konvergensi memanjang dari Laut Banda hingga Laut Arafuru dan di Samudra Hindia selatan Jawa Tengah-Jawa Timur.

Koordinator Bidang Prediksi dan Peringatan Dini Cuaca Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Miming Saepudin mengatakan bahwa sirkulasi siklonik terpantau di sebelah utara Pulau Kalimantan dan di Laut Halmahera yang membentuk daerah konvergensi memanjang dari Kalimantan Barat hingga Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur, dan Samudra Pasifik utara Papua hingga utara Maluku.

"Daerah konvergensi juga terpantau memanjang dari Samudra Hindia barat Bengkulu hingga Lampung, dari Samudra Hindia barat daya Banten, Jawa Barat hingga Jawa Timur, dari Laut Jawa bagian timur, Selat Makassar hingga Sulawesi Selatan," ujar Miming melalui keterangannya pada Rabu (25/1).

Baca juga: Angin Kencang Diprediksi Landa Bali hingga 25 Januari

"Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan, kecepatan angin, dan ketinggian gelombang di sekitar wilayah pusat tekanan rendah, sirkulasi dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut," tambah dia.

Peristiwa tersebut membuat hampir seluruh wilayah Indonesia berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang.

"Wilayah yang berpotensi terjadi hujan lebat yang dapat disetai kilat/petir dan angin kencang adalah Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua," terang dia. (Fal/OL-09)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat