visitaaponce.com

Mata juga Butuh Olahraga, ini 7 Gerakannya

BELAJAR atau bekerja di rumah saat di depan komputer, laptop atau handphone kadang membuat mata lelah lebih terasa. Berjam-jam di depan layar terkadang membuat kita lupa bahwa mata harus istirahat. 

Apabila mata sudah menunjukkan gejala mata lelah perih, penglihatan kabur, pusing atau bahkan mengeluarkan air mata, ada baiknya Anda mulai waspada. Yuk, ketahui cara mengatasi mata lelah secara cepat dan sederhana dengan melakukan tujuh gerakan senam atau olahraga mata dari konten Youtube Mommies Daily yang bisa Anda lakukan di rumah. 

Langkah pertama

Sebelum dimulai mata dipejamkan dulu beberapa saat. Gerakkan bola mata ke kiri atau kanan secara bergantian dan pejamkan mata sesaat dipindahkan ke sis lain. 

Baca juga: Manfaat Senam Otak dan Enam Gerakan Dasarnya

Anda harus menahan posisi saat mata di sisi kanan atau kiri selama beberapa detik. Ulangan gerakan ini sedikitnya lima kali.

Langkah kedua

Langkah kedua, pejamkan mata terlebih dulu dan tarik napas lalu hembuskan. Setelah itu buka mata dan arahkan mata Anda ke atas dan ke bawah berganti-gantian sebanyak lima kali.

Langkah ketiga

Untuk langkah ketiga, pejamkan mata Anda, sambil lemaskan tubuh dan bernapas dengan santai. Kali ini mata bergerak secara diagonal. Setelah membuka mata, gerakkan mata ke kanan atas lalu kiri bawah. Lakukan secara bergantian sebanyak lima kali.

Langkah keempat

Sebelum melakukan langkah keempat ini, seperti sebelumnya didahului dengan memejamkan mata, tarik napas, dan hembuskan secara perlahan. Ini juga gerakan diagonal dengan arah sebaliknya dari langkah ketiga. 

Baca juga: Dua Cara Ampuh Hilangkan Mata Panda dengan Olahraga Muka

Gerakkan mata ke kiri atas lalu pindahkan pandangan ke kanan bawah. Gerakan ini dilakukan sebanyak lima kali.

Langkah kelima

Kali ini duduklah tegap dengan posisi tulang belakang memanjang dan bernapas santai. Lembutkan pandangan Anda dengan melemaskan otot-otot mata dan wajah. 

Arahkan pandangan ke langit-langit. Secara perlahan, gerakkan mata memutar searah jarum jam, seolah menggambar lingkaran sebesar mungkin.

Perlahan, fokuskan pandangan pada obyek-obyek di sekitar jarak pandang selama Anda melakukan putaran ini. Lakukan senam ini terus sampai gerakan mata terasa halus dan lancar. Ulangi gerakan ini sebanyak 5 kali dan dengan arah yang berlawanan.

Langkah keenam

Lemaskan tubuh dan bernapas dengan santai. Luruskan satu lengan dengan kepalan tangan longgar tepat sejajar di depan mata. Buka ibu jari mengarah ke atas. Fokuskan pandangan pada ibu jari Anda.

Jaga agar pandangan tetap melekat pada ibu jari sambil perlahan tarik ibu jari mendekati hidung sampai Anda tidak lagi bisa fokus jelas mengarahnya. Tarik dan buang napas dalam-dalam, kemudian kembalikan posisi lengan teregang seraya menjaga fokus melekat di ibu jari. Ulangi sebanyak 10 kali.

Langkah ketujuh

Langkah terakhir ini menggunakan telapak tangan. Gosok kedua telapak tangan bersama-sama sampai terasa hangat. Letakkan kedua tangan Anda dengan lembut untuk menutupi kedua mata. Tempatkan ujung-ujung jari di dahi, telapak tangan tepat di atas mata, dan tumit tangan bertumpu pada pipi.

Jangan langsung menyentuh bola mata, tetapi berikan sedikit ruang antara tangan dan bola mata. Meski begitu, jangan pula terlalu longgar. Pastikan kedua tangan tetap berfungsi sebagai tirai untuk menciptakan kegelapan di depan mata. Tutup mata Anda, bernapas dalam-dalam, dan rileks.

Lemaskan mata dan nikmati waktu istirahat dari stimulasi visual ini. Teruskan sampai Anda merasa lebih baik. Saat siap untuk membuka mata, perlahan lepaskan tirai telapak tangan dan buka kedua mata. Hal ini dilakukan supaya mata tidak kaget akan kondisi pencahayaan yang berubah. (OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat