visitaaponce.com

Larangan Bagi Wanita yang Sedang Haid Sesuai Hukum Islam

Larangan Bagi Wanita yang Sedang Haid Sesuai Hukum Islam
Ilustrasi haid(Dok MI)

MENSTRUASI atau haid adalah perubahan fisiologis dalam tubuh wanita secara berkala yang dipengaruhi oleh hormon reproduksi. Dalam Islam, setiap wanita yang mengalami haid akan mendapatkan larangan beberapa aktivitas.

Hukum Larangan Wanita Haid Menurut Islam

Larangan saat Haid dalam Islam terdapat dalam Al-Quran surah Al-Baqarah ayat 222:

وَيَسْـَٔلُونَكَ عَنِ ٱلْمَحِيضِ ۖ قُلْ هُوَ أَذًى فَٱعْتَزِلُوا۟ ٱلنِّسَآءَ فِى ٱلْمَحِيضِ ۖ وَلَا تَقْرَبُوهُنَّ حَتَّىٰ يَطْهُرْنَ ۖ فَإِذَا تَطَهَّرْنَ فَأْتُوهُنَّ مِنْ حَيْثُ أَمَرَكُمُ ٱللَّهُ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ يُحِبُّ ٱلتَّوَّٰبِينَ وَيُحِبُّ ٱلْمُتَطَهِّرِينَ

Arab-Latin: Wa yas`alụnaka 'anil-maḥīḍ, qul huwa ażan fa'tazilun-nisā`a fil-maḥīḍi wa lā taqrabụhunna ḥattā yaṭ-hurn, fa iżā taṭahharna fa`tụhunna min ḥaiṡu amarakumullāh, innallāha yuḥibbut-tawwābīna wa yuḥibbul-mutaṭahhirīn

Artinya: Mereka bertanya kepadamu tentang haid. Katakanlah: "Haidh itu adalah suatu kotoran". Oleh sebab itu hendaklah kamu menjauhkan diri dari wanita di waktu haidh; dan janganlah kamu mendekati mereka, sebelum mereka suci. Apabila mereka telah suci, maka campurilah mereka itu di tempat yang diperintahkan Allah kepadamu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri.

Maka, berikut adalah daftar aktivitas yang tidak dapat dilakukan oleh wanita Muslim pada saat sedang mengalami kondisi haid:

1. Salat
2. Puasa
3. Berhubungan Intim
4. Tawaf
5. Masuk ke dalam Masjid
6. Menyentuh Al-Quran
7. Bercerai

Selain itu, terdapat juga larangan yang harus ditaati oleh wanita pada saat berada dalam kondisi haid, yaitu:

1. Minum alkohol

Pada saat berada dalam kondisi haid, sebaiknya tidak minum alkohol, karena dapat menyebabkan kadar kolesterol dan gula dalam darah yang menjadi naik.

2. Mengonsumsi kadar kafein secara berlebihan

Pada saat haid, sebaiknya tidak meminum atau mengkonsumsi kadar kafein secara berlebihan, hal ini disebabkan oleh fluktuasi pada hormon yang terganggu dan berimbas pada kenaikan tekanan darah. 

3. Mengonsumsi makanan berlemak

Makanan berlemak yang dikonsumsi pada saat masa haid dapat menyebabkan timbulnya prostaglandin, yaitu hormon yang merangsang terjadinya kontraksi pada otot rahim dan berpotensi menyebabkan haid menjadi nyeri

4. Mengonsumsi makanan dengan garam yang tinggi

Pada saat haid, makanan yang memiliki kadar garam yang tinggi dapat menyebabkan tubuh kelebihan cairan, pusing, dan tidak nyaman, hal ini dapat menyebabkan tubuh menjadi tidak fit.(OL-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat