visitaaponce.com

Biotis Siapkan Uji Klinik Vaksin Covid-19 untuk Remaja

Biotis Siapkan Uji Klinik Vaksin Covid-19 untuk Remaja
Petugas medis menyuntikkan vaksin covid-19 kepada siswa SMP.(Antara)

PT Biotis Pharmaceuticals Indonesia tengah mempersiapkan uji klinik remaja dan anak-anak, primer remaja dan booster remaja untuk mendapatkan izin penggunaan darurat (EUA) pada pertengahan tahun ini. 

Diketahui, banyak remaja sudah disuntik vaksin covid-19 buatan Sinovac. Lalu, diharapkan vaksin dosis booster yang diberikan pemerintah berasal dari Inavac.

Baca juga: Menkes Tegaskan Vaksinasi Booster Kedua untuk Masyarakat Gratis

"Mungkin pertengahan tahun  ini selesai untuk booster remaja dan primer remaja," ungkap Direktur Utama Biotis Pharmaceutical Indonesia FX Sudirman di Kompleks Parlemen, Selasa (14/2).

Pihaknya bisa memproduksi lebih banyak vaksin covid-19, namun harus melihat permintaan dari pemerintah dan perkembangan vaksinasi. Adapun Biotis Phamaceuticals sudah mengirimkan sekitar 1,2 juta dosis dari pesanan pemerintah sekitar 5 juta dosis.

Untuk sisa permintaan, lanjut dia, akan dipenuhi sekitar akhir Februari atau pertengahan Maret mendatang. "Walaupun pemerintah sudah mengampanyekan, tapi keinginan vaksinasi masih rendah. Jadi, cukup dengan kapasitas sekarang," imbuhnya.

Baca juga: Kurang Sosialisasi Penyebab Rendahnya Capaian Booster Kedua

Adapun Biotis Phamaceuticals belum merencanakan untuk uji klinik pengguna di bawah usia 5 tahun. Saat ini, yang baru dipersiapkan ialah uji klinik untuk usia 5-11 tahun, karena masih sulit untuk mencari sampel.

Pemerintah diketahui berencana menggunakan vaksin covid-19 produk dalam negeri, yakni Inavac dan Indovac. Sejak November 2022, pemerintah sudah memesan 10 juta dosis vaksin buatan industri domestik.(OL-11)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat