visitaaponce.com

Pandangan Islam tentang Childfree atau tidak Ingin Punya Anak

BELAKANGAN ini ramai dibicarakan sejumlah artis yang menikah tetapi ingin tidak punya anak alias childfree. Bagaimana hukum Islam memandang gaya hidup yang baru-baru ini viral di media sosial?

Alasan mereka melakukan hal tersebut beragam. Ada alasan psikologis, misalnya ia dilahirkan dalam keluarga yang tidak begitu mengekspresikan kasih sayang. Saat melihat anak kecil, ia sulit mengungkapkan kasih sayang. 

Ada juga yang alasannya pribadi. Secara filosofis, ia memandang tidak perlu memiliki anak, karena banyak anak yang bisa kita sayangi, selain anak biologis. Misalnya, anak yatim piatu korban covid-19 atau lainnya.

Ada juga alasannya karena lingkungan hidup. Menambah anak itu sama saja menambah emisi koran dioksida pada bumi karena populasi manusia semakin padat. Mungkin masih banyak alasan lain. 

Terlepas dari alasan itu semua, melansir dari @ustadzahong di Instagram, Syekh Syauqi Irahim Alam dalam fatwa nomor 4713, 5 Febuari 2019, menyoroti tentang childfree. Pertama, dalam Islam tidak ada keterangan Al-Qur'an atau hadis yang mewajibkan pasangan suami istri untuk punya anak.

Kedua, suami istri harus sepakat. Kesepakatan suami istri tidak punya anak merupakan hal yang dibolehkan dalam agama. Apalagi misalnya keduanya memiliki alasan yang jelas. Misalnya khawatir tidak dapat menjaga, menyayangi, dan mendidik anak dengan baik.

Baca juga: Kedudukan Menuntut Ilmu di antara Amalan Fardhu dan Sunah

Ketiga, ketidakinginan punya anak, menurut Syekh Ibrahim Alam, dianalogikan dengan kasus azal atau pemutusan sanggama sebelum mencapai orgasme sehingga sperma keluar di luar liang sanggama. Ini yang dulu berlaku di masa Nabi dan sahabat. 

Kemepat, ingin memiliki anak atau tidak merupakan urusan individu. Yang mau memilih childfree silakan, yang mau punya anak juga ada ajurannya dalam agama. Selain itu, Syekh Ibrahim Alam juga menekankan ini masalah individu, tidak boleh dipaksakan oleh negara dalam bentuk undang-undang. (OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat