visitaaponce.com

Pengertian Interaksi Sosial Asosiatif, Bentuk dan Contoh

Pengertian Interaksi Sosial Asosiatif, Bentuk dan Contoh
Ilustrasi gotong royong membersihkan sekolah(ANTARA FOTO/Harviyan Perdana Putra)

INTERAKSI merupakan sebuah aktivitas yang saling melakukan aksi, berhubungan, memengaruhi atau antarhubungan. Interaksi sosial merupakan hubungan sosial yang dinamis bersangkutan dengan hubungan antarorang perorangan, kelompok manusia atau kelompok dengan perorangan.

Salah satu bentuk interaksi sosial adalah interaksi sosial asosiatif. Interaksi sosial disosiatif adalah interaksi yang menuju ke arah perpecahan sedangkan asosiatif lebih menuju pada persatuan.

Interaksi sosial asosiatif dapat memberikan berbagai dampak positif yang mengacu pada persatuan dan kontak positif lainnya.

Bentuk Interaksi Sosial Asosiatif beserta contoh:

1.    Kerja sama

  • Gotong royong adalah salah satu bentuk kerja sama yang dilakukan dengan sukarela oleh individu atau kelompok untuk mengerjakan pekerjaan tertentu yang melibatkan banyak orang.
  • Bargaining adalah salah satu kegiatan kerja sama yang memiliki perjanjian untuk saling bertukar barang atau jasa antar organisasi.
  • Kooptasi adalah prosedur penerimaan sebuah unsur baru dalam kepemimpinan yang merupakan kiat untuk menghindari terjadinya permasalahan atau konflik dalam sebuah organisasi.
  • Koalisi adalah sebuah kombinasi yang dilakukan antara dua organisasi atau lebih yang memiliki tujuan sama. Dengan adanya koalisi dua organisasi tersebut akan lebih stabil serta memiliki struktur tersendiri.
  • Joint venture adalah bentuk kerja sama yang ada dalam perusahaan proyek khusus.

2.    Akomodasi

  • Koersi terjadi karena adanya paksaan dari suatu pihak lebih dominan kepada pihak atau kelompok lain, seperti sistem rezim atau pemerintah totaliter.
  • Kompromi merupakan bentuk dari interaksi sosial akomodasi yang memiliki banyak pihak yang terlibat dalam suatu perselisihan sehingga tetapi kemudian saling meredakan tuntutan sehingga konflik dapat terselesaikan. Contohnya adalah adanya perjanjian gencatan senjata antarnegeri saat sedang terlibat dalam peperangan. 
  • Arbitrase  merupakan bentuk dari akomodasi karena akibat dari kedua pihak yang sedang konflik tetapi tidak sanggup mencapai kompromi sendiri. Oleh sebab itu, mereka mengundang pihak atau kelompok ketiga yang memiliki sikap netral yang mampu memberikan penyelesaian. Pemilihan pihak ketiga biasanya diambil dari pihak yang berwenang secara hukum.
  • Mediasi merupakan pihak lain yang memiliki peran sebagai penengah atau biasa disebut dengan juru damai. Dari putusan perdamaian tergantung dari kedua belah pihak yang bertikai. Contoh dari bentuk mediasi pemerintah Indonesia agar faksi yang sedang konflik di Kamboja bisa berdamai.
  • Konsiliasi adalah upaya untuk mempertemukan pihak yang sedang berselisih agar tercapai tujuan bersama. Dalam hal ini konsiliasi lebih bersifat lunak kepada kedua belah pihak untuk mengadakan asimilasi.
  • Stalemate adalah salah satu bentuk dari interaksi sosial yang terjadi karena adanya perselisihan antar kelompok yang memiliki kekuatan seimbang. Namun kedua kelompok tersebut secara sadar tidak ada yang berusaha untuk maju maupun mundur sehingga perselisihan bisa berhenti tanpa ada kesepakatan.
  • Ajudikasi adalah proses penyelesaian sebuah masalah atau sengketa yang dapat diselesaikan melalui jalur hukum atau peradilan.

3.    Asimilasi 

Asimilasi merupakan proses sosial yang ditandai dengan adanya upaya untuk mempersempit perbedaan antar individu atau kelompok agar memperkuat kesatuan dengan proses saling menghormati kepentingan bersama.

4.    Akulturasi

Akulturasi merupakan proses sosial yang terjadi karena adanya suatu kelompok yang memiliki budaya tertentu kemudian dihadapkan dengan unsur budaya asing namun secara bertahap dapat menerimanya. Dari proses tersebut akan terjadi percampuran budaya sendiri dengan budaya-budaya asing atau baru yang diterima.(OL-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat