visitaaponce.com

Pandemi Usai Nasib Perawat-Bidan Terlupakan, Harapan Kini ke Legislatif

Pandemi Usai Nasib Perawat-Bidan Terlupakan, Harapan Kini ke Legislatif
Arif, anggota Dewan Pembina Ikatan Mahasiswa Keperawatan, Sumbar.(dok.pribadi)

DEWAN Pembina Ikatan Mahasiswa Keperawatan, Sumatra Barat, menyatakan nasib tenaga kesehatan, terutama perawat dan bidan perlu terus diperhatikan. Keberadaan mereka baru dirasakan seluruh pihak saat penyebaran Covid-19 berada di puncaknya.

"Namun, kita lupa menanyakan berapa gaji yang mereka terima selama ini, masuk kategori layak atau tidak," ujar Arif anggota Dewan Pembina Ikatan Mahasiswa Keperawatan, Sumbar, dalam pesan Whatsappnya, Jumat (24/2/2023).

Ia mengungkapkan, bahkan ada perawat dan juga bidan yang harus digaji oleh karyawan atau sesama perawat, yang ikut iuran membayar gaji perawat yang tidak memperoleh gaji. Ini terjadi karena tidak adanya anggaran untuk membayar gaji.

"Kita diberikan pelajaran besar pada situasi Covid-19 puncak-puncaknya. Perawat itu sangat penting sekali," kata Arif.

Perjuangan nasib perawat, kata alumnus S2 Manajemen Administrasi Rumah Sakit ini, tidak boleh dibiarkan begitu saja. Apalagi, masalah ini menurutnya juga dialami di level kabupaten/kota. Kata dia, sesungguhnya banyak permasalahan di dunia kesehatan, terutama nasib perawat yang lupa diperhatikan.

"Sulitnya penyerapan tenaga kesehatan menjadikan perawat tidak punya pilihan, sehingga banyak yang memilih bekerja di puskemas dengan gaji kecil," kata dia.

Atas itu, Arif menilai harus ada perawat yang berjuang di legislatif agar aspirasinya diperhatikan. Ia pun memilih berjuang di jalan tersebut, agar nasib teman-teman perawat tidak berhenti menjadi perbincangan saja, tetapi ada yang memperjuangkan di badan anggaran legislatif.

"Jalan yang saya pilih ini agar berdampak langsung terhadap dunia kesehatan. Terutama perjuangan terhadap nasib perawat yang selama ini belum memperoleh kelayakan," tandas Arif yang juga Ketua DPP Alumni STIKES YPAK Padang. (OL-13)

Baca Juga: Imunisasi Dengue Bisa Cegah Anak Alami Gejala Berat DBD

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat