visitaaponce.com

KCCI Gencarkan Promosi Budaya Korea ke Luar Jakarta

KCCI Gencarkan Promosi Budaya Korea ke Luar Jakarta
Kunjungan KCCI ke SMAK 2 BPK Penabur, Bandung(MI/HO)

DALAM rangka memeriahkan 50 tahun hubungan diplomatik Korea Selatan-Indonesia, yang jatuh pada 2023, Korean Cultural Center Indonesia (KCCI) mengisi Februari ini dengan berbagai kegiatan-kegiatan, salah satunya kunjungan ke luar Jakarta.

Dimulai dengan kunjungan ke Bandung, KCCI menggelar acara bertajuk KCC goes to Bandung yang dilakukan di SMAK 2 BPK Penabur, Bandung. 

Sejarah aksara Korea, Hangeul, dan pakaian tradisional Korea, Hanbok, menjadi dua pokok yang disampaikan pada kunjungan itu. 

Baca juga: KCCI Gelar Perayaan Jeongwol Daeboreum di Bandung

Dari sisi pengalaman, para murid diperkenalkan dengan permainan Tuho, membuat kerajinan tangan lampion khas Korea yang disebut cheongsachorong, serta mencicipi camilan tradisional Korea bernama gangjeong.

Tidak hanya mempromosikan budaya Korea kepada para pelajar, kegiatan di Bandung dilanjutkan dengan acara Festival Perayaan Jeongwol Daeboreum, yang digelar untuk umum di salah satu pusat perbelanjaan. 

Pada kesempatan ini, KCCI memperkenalkan tradisi khas yang dilakukan pada perayaan Jeongwol Daeboreum (perayaan bulan purnama penuh pertama berdasarkan kalender lunar).

KCCI juga bekerja sama dengan Korea Creative Content Agency (KOCCA) Indonesia menggelar ON THE K: Taekwon & Assemble, sebuah pertunjukan virtual menghadirkan penampilan timnas taekwondo dan penampilan grup-grup idola K-Pop terkenal. 

Pertunjukan virtual tersebut hingga kini telah dilaksanakan di beberapa daerah dimulai dari Jakarta pada Januari dan berlanjut ke Bandung, Surabaya, dan Yogyakarta pada Februari.
 
Sebagai penutup, KCCI merencanakan kunjungan ke Makassar pada 25 Februari 2023 untuk menggelar acara bertajuk Rayakan 50 Tahun Hubungan Diplomatik Korea-Indonesia bekerja sama dengan komunitas Hallyu setempat. 

Makassar juga dipilih sebagai tujuan akhir dari rangkaian pertunjukan ON THE K: Taekwon & Assemble. Kedua acara tersebut akan dilaksanakan di Panakkukang Square, Makassar. (RO/OL-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat