visitaaponce.com

Ini Cara Panitia Antisipasi Kecurangan SNPMB

Ini Cara Panitia Antisipasi Kecurangan SNPMB
Ilustrasi: UTBK-SMBTN: para peserta mengikuti Ujian Tertulis Berbasis Komputer-Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SMBTN).(MI/ Vicky Gustiawan)

KECURANGAN dalam Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) bukanlah sesuatu yang baru. Setiap tahun selalu saja ada peserta seleksi yang mencoba untuk curang seperti menyontek atau menggunakan joki.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, panitia pelaksana terus meningkatkan pengamanan dan pengawasan dari tahun ke tahun. Termasuk bagaimana menghadapi penggunaan teknologi teranyar yang kian canggih.

"Setiap tahun selalu kita tingkatkan pengamanan, agar siswa yang jujur dan sudah belajar serius tidak dirugikan oleh siswa yang curang," ujar Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Nizam, kepada Media Indonesia, Jumat (24/2).

Menurutnya, ada banyak strategi untuk mengantisipasi berbagai bentuk kecurangan. Secara khusus pada Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), pengamanan dilakukan mulai dari peserta memasuki ruang ujian hingga selesai.

Baca juga: Calon Mahasiswa Baru Bebas Pilih Prodi di PTN, MRPTNI Sebut Sudah Ada Kajian

Selain itu, kecurangan yang memanfaatkan teknologi terbaru seperti Chat GTP yang berbasis AI juga bisa diantisipasi. Secanggih apapun teknologi yang diciptakan, tanpa ada perangkat atau alatnya tentu saja tidak bisa digunakan.

Oleh karena itu, setiap peserta harus benar-benar dipastikan tidak membawa perangkat elektronik ataupun alat-alat lain yang bisa digunakan untuk melakukan kecurangan.

"Panitia SNPMB sudah menyiapkan banyak cara dan strategi untuk mengatasi perjokian," terang Nizam. (OL-17)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat