visitaaponce.com

Platform Satu Sehat Diharap Jadi Standar Kesehatan Nasional

Platform Satu Sehat Diharap Jadi Standar Kesehatan Nasional
Ilustrasi(ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani)

PLATFORM Satu Sehat diharapkan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya. Teknologi itu juga ditargetkan mempercepat transformasi kesehatan di Indonesia.

"Kami berharap portal ini dapat menjadi panduan dalam menerapkan standar yang sama," kata Chief Digital Transformation Office (DTO) Kemenkes Setiaji dalam keterangan tertulis, Selasa (28/2).

Setiaji mengatakan Satu Sehat adalah platform utama. Sedangkan Satu Sehat Mobile adalah salah satu turunan produk Satu Sehat.

"Bagi swasta maupun pengembang IT (teknologi informasi) dinas kesehatan di kabupaten/kota dapat melakukan interoperabilitas data dengan platform Satu Sehat," ujar dia.

Setiaji menyebut Satu Sehat menyediakan berbagai panduan bagi fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) untuk integrasi data. Mulai dari modul interoperabilitas, master data pasien, hingga master data tenaga kesehatan.

"Termasuk browser terminologi dan Kamus Farmasi dan Alat Kesehatan (KFA)," imbuhnya.

Baca juga: Besok, Pedulilindungi akan Berubah Jadi Satu Sehat Mobile

Selain itu, Setiaji berharap masyarakat ikut menggunakan Satu Sehat Mobile. Aplikasi pengganti PeduliLindungi itu bisa mencatat rekam jejak medis secara digital.

"Setelah memberikan persetujuan (di aplikasi), pengguna tidak perlu repot membuat akun baru untuk mulai menggunakan. Cukup log in dengan nomor ponsel atau email yang telah terdaftar," tuturnya.

Transisi aplikasi PeduliLindungi ke Satu Sehat Mobile dimulai hari ini, Selasa (28/2). Proses tersebut ditargetkan rampung pada awal Maret 2023.

"Masyarakat tinggal tunggu nanti di 1 Maret 2023 aplikasi (PeduliLindungi) di handphone akan berubah sendiri," kata Deputi Chief Digital Transformation Office (DTO) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Agus Rachmanto.(OL-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat