visitaaponce.com

Wow, Masyarakat Kini Bisa Akses Rekam Medis Elektronik dari Satusehat

Wow, Masyarakat Kini Bisa Akses Rekam Medis Elektronik dari Satusehat
Kemenkes menambahkan fitur terbaru di Aplikasi Satusehat yang memungkinkan masyarakat bisa mengakses rekam medis secara elektronik.(MI/Sumaryanto Bronto)

MASYARAKAT kini bisa mengakses rekam medis secara elektronik melalui aplikasi Satusehat

"Secara resmi masyarakat dapat mengakses resume medis pribadi miliknya secara online di SATUSEHAT Mobile," kata Chief Digital Transformation Office (DTO) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Setiaji dalam keterangan tertulis, Minggu (12/11).

Setiaji mengatakan publik bisa melihat riwayat kunjungan, diagnosa dokter, hingga obat yang diberikan di fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes). Hal itu ditujukan bagi fasyankes yang telah menggunakan pembelajaran matematika realistik (PMR) melalui sistem informasi manajemen masing-masing dan terintegrasi dengan Satusehat.

Baca juga: Pengguna Aplikasi Satusehat akan Bisa Kumpulkan Poin untuk Nonton Bioskop Gratis

"Masyarakat yang telah terdaftar sebagai pasien dan melakukan pengobatan di fasyankes itu setidaknya sejak September 2022 juga akan tersinkronisasi otomatis pada fitur tersebut," jelas dia.

Setiaji menyebut ada beberapa langkah agar publik bisa menikmati fitur anyar itu. Pertama, masyarakat harus melakukan verifikasi profil (centang biru) terlebih dahulu di 36 rumah sakit vertikal. "Daftarnya bisa diakses di Satusehat Mobile atau mengunjungi booth pelayanan verifikasi profil Satusehat Mobile," papar dia.

Baca juga: Permenkes 24/2022 Dorong Adopsi Rekam Medis Elektronik

Menurut Setiaji, ada segudang manfaat dari fitur tersebut. Salah satunya ialah menghilangkan kemungkinan pemeriksaan berulang atau keharusan membawa berkas rekam medis fisik saat pasien hendak berpindah fasyankes.

"Tenaga medis juga hanya perlu mengakses RME pasien tersebut dan semua riwayat penyakitnya akan muncul untuk menghindari potensi kesalahan dan mempercepat keputusan tindakan yang harus dilakukan," ucap dia. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat