visitaaponce.com

Kedubes Australia Peringati 70 Tahun Program Beasiswa Pelajar Indonesia

Kedubes Australia Peringati 70 Tahun Program Beasiswa Pelajar Indonesia
Duta Besar Australia untuk Indonesia Penny Williams PSM(MI/Mesakh)

KEDUTAAN Besar Australia untuk Indonesia rayakan 70 tahun program beasiswa untuk Indonesia. Perayaan ini dihadiri langsung oleh Duta Besar Australia untuk Indonesia Penny Williams PSM dan juga pelajar Indonesia yang pernah menerima beasiswa dari pemerintah Australia.

“Saat ini, Australia memiliki lebih dari 200.000 alumni di Indonesia, termasuk para pemimpin senior di pemerintahan dan bisnis. Para alumni kami, berperan penting sebagai penghubung antara kedua negara, membantu masyarakat Indonesia memahami Australia dan sebaliknya,” ungkap Penny dalam sambutannya di Gandaria City, Jakarta Selatan, Jumat (3/3).

“Zaman dahulu, saya mempelajari perspektif di Indonesia. Saya juga menjalin hubungan dengan teman-teman saya di Indonesia. Kesempatan untuk memperbarui pandangan dan perspektif. Jadi ini yang kita coba hadirkan dari kesempatan beasiswa di Australia,” lanjutnya.

Baca juga: Kedubes Australia Gelar Festival Sinema di 7 Kota Indonesia

Program beasiswa ini telah dimulai sejak 1953 yang merupakan angkatan pertama beasiswa Colombo Plan. Bahkan, program ini menjadi salah satu program beasiswa tertua yang ada di Indonesia.

Pada tahun 1963, mantan Wakil Presiden Indonesia Boediono menjadi salah satu akseptor dari program beasiswa ini.

“Kesempatan untuk belajar di University of Western Australia pada tahun 1963, melalui beasiswa Pemerintah Australia, Colombo Plan, merupakan anugerah yang luar biasa bagi saya,” ungkap Boediono dalam pernyataan tertulisnya.

Kedutaan Besar Australia mengklaim Colombo Plan menjadi salah satu program beasiswa yang paling diminati oleh pelajar Indonesia, dengan jumlah sekitar 20.000 pendaftaran setiap tahunnya.(OL-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat