visitaaponce.com

Menkes Guyur BPJS Rp9 Triliun untuk Deteksi Dini Penyakit, Salah Satunya Jantung

Menkes Guyur BPJS Rp9 Triliun untuk Deteksi Dini Penyakit, Salah Satunya Jantung
Ilustrasi(Freepik)

KEMENTERIAN Kesehatan mengalokasikan anggaran sebesar Rp9 triliun untuk program deteksi dini (skrining) sejumlah penyakit melalui BPJS Kesehatan agar masyarakat lebih sehat.

Hal itu diungkapkan Menkes Budi Gunadi Sadikin dalam kunjungan kerjanya ke beberapa Posyandu prima dan Fasilitas Kesehatan di Puskesmas pesisir Maros Baru, di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan.

"Koordinasi dengan BPJS soal skrining. Dulu, BPJS Kesehatan banyak memberikan pembiayaan di rumah sakit mengobati orang sakit. Nah, tahun ini berbicara dengan BPJS kita akan mengalokasikan Rp9 triliun untuk program skrining menjaga masyarakat agar tetap sehat," kata Menkes dalam wawancara dengan Metro TV, Rabu (8/3).

 

4 Kematian Tertinggi

Menkes Budi Gunadi Sadikin menyebut penyebab kematian tertinggi berasal dari sejumlah penyakit seperti strok, jantung, kanker, dan ginjal. Skrining, kata Menkes, diutamakan untuk pencegahan penyakit-penyakit katastropik atau berbiaya tinggi itu.

Di sisi lain, agar terhindar dari penyakit mematikan ini, perlunya dilakukan skrining lebih mendalam di level posyandu, setelah itu dilanjutkan dengan pengecekan gula darah, kolestrol serta tekanan darah.

Jika ditemukan suatu kejadian atau anomali, imbuh Menkes, maka pihak puskesmas setempat akan memberikan obat secara gratis kepada masyarakat. (MGN/Z-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat