visitaaponce.com

Puskesmas Diminta Fokus Pencegahan Penyakit

Puskesmas Diminta Fokus Pencegahan Penyakit
ilustrasi pelayanan puskesmas(MI/Jamaah )

MENTERI Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin meminta Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) mengubah fokus pelayanan. Fasilitas tersebut didorong menggencarkan upaya pencegahan penyakit.

"Puskesmas adalah pusat kesehatan masyarakat, tugasnya menjaga kesehatan masyarakat, bukan menyembuhkan orang yang sakit," kata Budi dalam keterangan tertulis, Kamis (9/3).

Budi mengatakan puskesmas adalah garda terdepan memasifkan upaya preventif. Caranya dengan rutin melakukan skrining kesehatan.

Baca juga: Menkes Guyur BPJS Rp9 Triliun untuk Deteksi Dini Penyakit, Salah Satunya Jantung

"Terutama pada empat penyakit dengan prevalensi kematian tertinggi, yaitu stroke, diabetes, kanker, dan jantung," ujar mantan Wakil Menteri BUMN itu.

Budi menyebut Kementerian Kesehatan sudah memasukkan skrining dalam layanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). Sehingga masyarakat semakin mudah mengakses layanan skrining kesehatan.

Baca juga: Masker Medis Tetap Perlu Digunakan untuk Cegah Penyakit Paru

Selain itu, Budi mengingatkan peran penting posyandu. Fasilitas tersebut berperang penting dalam integrasi layanan primer.

"Masyarakat diharapkan melakukan skrining kesehatan awal di posyandu prima, sehingga jika ditemukan anomali akan ditindaklanjuti di puskesmas," papar dia. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat