visitaaponce.com

Satgas Covid-19 Suasana Indonesia Sudah Mirip Sebelum Pandemi Covid-19

Satgas Covid-19 : Suasana Indonesia Sudah Mirip Sebelum Pandemi Covid-19
Pekerja menggunakan masker menuju kantornya melewati trotoar di kawasan Sudirman(MI / Ramdani)

MESKI belum berstatus endemi, suasana di Indonesia saat ini sudah mirip seperti sebelum pandemi covid-19. Masyarkat sudah kembali aktif berkegiatan di luar rumah. 

Ketua Satgas covid-19 PB Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Erlina Burhan menjelaskan kondisi ‘normal’ di Indonesia dengan sendirinya tercipta bahkan sebelum Indonesia berstatus endemi.

“Mungkin kita enggak usah minta (status) endemi. Toh, sekarang dengan new normal sudah seperti nyaris dulu, seperti sebelum pandemi,” ujar Erlina saat dihibungi di Jakarta, Kamis (9/3). 

Baca juga : Presiden Jokowi: Pakai Masker Tidak Lagi Wajib

Erlina menjelaskan masih banyak faktor di luar negara kita yang masih mempengaruhi perubahan status covid-19 dari pandemi menjadi endemi. Erlina menjelaskan Menkes akan menemui WHO pada Mei guna bahas perubahan status pandemi. Satus pandemi dapat ditetapkan WHO apabila suatu penyakit telah berkembang pesat di lima benua. 

“Kalau suatu penyakit hanya meningkat di satu negara atau tempat, seperti di China pada waktu itu, itu disebutnya epidemi. Kalau sudah terkendali, disebutnya endemi,” jelas Erlina.

Baca juga : Hong Kong Akhiri Kewajiban Pengunaan Masker Covid

Pada saat bersamaan, Erlina juga mengapresiasi masyarakat Indonesia lantaran sudah lebih peduli dan sadar perihal kesehatan.

“Plusnya adalah, bangsa Indonesia ini sekarang sudah pintar. Terutama, soal kesehatan pribadi dan kesehatan lingkungan,” ungkapnya. (Z-8)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat