visitaaponce.com

Kemenaker Fokus Tingkatkan Kompetensi SDM di Bidang Fesyen

Kemenaker Fokus Tingkatkan Kompetensi SDM di Bidang Fesyen
Model mengenakan busana Nom Aiko Store rancangan Karina Hardianto saat peragaan busana di Jakarta.(ANTARA/HAFIDZ MUBARAK A)

KEMENTERIAN Ketenagakerjaan (Kemenaker) akan terus fokus mengembangkan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang fesyen guna mendukung pertumbuhan industri fesyen di Tanah Air.

"Pengembangan SDM bidang fesyen ini kami fokuskan melalui pelatihan vokasi, salah satunya pelatihan yang kami selenggarakan di Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BBPVP) Semarang (Jawa Tengah)," kata Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, saat mengunjungi Muslim Fashion Festival (MUFFEST+) 2023 di Jakarta, Kamis (9/3)

Menurut Ida, pengembangan kompetensi SDM bidang fesyen perlu dilakukan guna mengoptimalkan 2 potensi besar Indonesia.

Baca juga: Kemenaker Sosialisasikan Prosedur PMI untuk Dapatkan Jaminan lebih Baik

Pertama, potensi bonus demografi, di mana dalam beberapa tahun ke depan penduduk Indonesia akan didominasi oleh angkatan kerja usia produktif. Kedua, Indonesia merupakan negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia.

"Jika kita memaksimal 2 potensi ini dengan baik, saya yakin Indonesia akan dapat memainkan peranan penting dalam pasar ekspor industri fesyen dunia," ujarnya.

Baca juga: Desainer dan Jenama Busana Muslim Unjuk Gigi di JMFW 2023

Ia menambahkan, sebagai bentuk keseriusan dalam menggarap SDM bidang fesyen, pihaknya juga mengikutsertakan karya-karya BBPVP Semarang dalam berbagai ajang feysen, termasuk di ajang MUFFEST+ 2023.

"Untuk tahun ini kami mengusung konsep Wastra Nusantara, karena kami yakin kain-kain nusantra kita memiliki keragaman sekaligus kekhasan yang dapat diterima oleh industri fesyen global," tuturnya.

Ida berharap dengan keikutsertaan ini BBPVP Semarang dapat menjadi pionir vokasi fesyen di Indonesia, yang mampu menghasilkan fashion designer muda, serta tenaga kerja yang kompeten di bidang fesyen.

"Selain itu, melalui MUFFEST+ 2023 ini juga menjadi ajang promosi untuk memperkenalkan alumni pelatihan fashion BBPVP Semarang ke pasar kerja industri fesyen," katanya. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat