visitaaponce.com

Hikmah Puasa Ramadan dalam Kehidupan Sehari-Hari

Hikmah Puasa Ramadan dalam Kehidupan Sehari-Hari
Ilustrasi.(Antara/Wahyu Putro A.)

PUASA Ramadan menjadi kewajiban yang ditetapkan oleh Allah bagi hamba-Nya yang beriman. Kewajiban puasa Ramadan ini disebutkan dalam firman Allah SWT pada surat Al-Baqarah ayat 183.

"Wahai orang yang beriman, diwajibkan kepadamu berpuasa sebagaimana telah diwajibkan kepada umat sebelummu agar kamu bertaqwa." (QS Al-Baqarah: 183)

Dalam menjalankan ibadah puasa, umat Islam akan mendapatkan pahala yang berlimpah jika mampu menahan diri akan segala cobaan yang diberikan. Berikut beberapa hikmah dalam menjalankan ibadah puasa.

Baca juga: Kata Motivasi dalam Menjalankan Ibadah Puasa Ramadan

Terjaga dari perbuatan tercela

Disebutkan dalam hadis qudsi, Allah Azza wa Jalla berfirman, "Setiap amal seorang manusia untuk dirinya sendiri kecuali puasa. Puasa itu untuk-Ku dan Aku akan memberikan balasan kepadanya. Puasa itu adalah perisai, karena itu apabila salah seorang di antaramu berpuasa, janganlah mengucapkan perkataan yang buruk dan keji, jangan membangkitkan syahwat, dan jangan pula mendatangkan kekacauan. Apabila ia dimaki atau ditantang seseorang, katakanlah, 'Aku sedang berpuasa.'" (Hadis riwayat al-Bukhari Nomor 1.771)

Ladang amal

Dalam hadis yang diriwayatkan Imam Muslim bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan 10 kebaikan yang semisal hingga 700 kali lipat. Allah ta'ala berfirman (yang artinya), "Kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku." 

Menjadi manusia qurani

Imam Ahmad ibnu Hambal mengatakan bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda, "Lembaran-lembaran Nabi Ibrahim diturunkan pada permulaan malam Ramadan dan kitab Taurat diturunkan pada tanggal 6 Ramadan dan kitab Injil diturunkan pada tanggal 13 Ramadhan, sedangkan Al-Quran diturunkan pada tanggal 24 Ramadan."

Baca juga: Mengenal Apa Itu Fidiah dan Cara Membayarnya

Pelebur dosa

Rasulullah SAW bersabda, "Siapa yang puasa Ramadan dengan iman dan ihtisab telah diampuni dosanya yang telah lalu. Dan siapa yang bangun malam Qadar dengan iman dan ihtisab, telah diampuni dosanya yang telah lalu." (HR Bukhari-Muslim)

Menjadi orang bertakwa

Allah SWT berfirman, "Hai orang-orang yang beriman diwajibkan atas kalian berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kalian bertakwa."  (QS Al-Baqarah: 183)

Bukti ketaatan kepada Allah

Dari Abu Hurairah RA, Nabi SAW bersabda, "Barang siapa yang melaksanakan puasa Ramadan dengan keimanan dan keikhlasan, diampuni dosanya yang telah berlalu." (Hadis riwayat al-Bukhari Nomor 37 dan Muslim Nomor 1.266)

Mengajarkan solidaritas

Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa yang memberi makan orang yang berpuasa di bulan Ramadhan hingga kenyang, Allah akan memberinya minum dari telagaku (telaga Rasulullah saw). Seteguk air itu menjadikannya tidak akan merasa haus selama-lamanya hingga ia masuk ke surga."

Mengasah kesabaran

Nabi Muhammad SAW bersabda, "Jika salah seorang dari kalian sedang berpuasa, janganlah berkata-kata kotor dan jangan pula bertindak bodoh. Jika ada seseorang yang mencelanya atau mengganggunya, hendaklah mengucapkan, 'Sesungguhnya aku sedang berpuasa.'" (HR Bukhari Nomor 1.904 dan Muslim Nomor 1.151)

Didoakan malaikat

Para malaikat senantiasa berseru, "Wahai orang-orang yang menghendaki kebajikan, bergembiralah, dan wahai orang-orang yang menghendaki keburukan, tahanlah dirimu." (Hadis riwayat al-Nasa'i Nomor 2.080 dan Ahmad Nomor 18.042 dengan redaksi hadis dari al-Nasa'i)

Mendapat ampunan

Rasulullah SAW menganjurkan agar mengerjakan salat malam pada Ramadan, akan tetapi tidak mewajibkannya. Beliau bersabda, "Siapa yang mengerjakan salat malam pada Ramadan dengan iman dan ikhlas, diampuni dosa-dosanya yang telah lalu." (Hadis riwayat Bukhari Nomor 36 dan Muslim Nomor 1.267. Teks hadis riwayat al-Bukhari) 

(Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat