visitaaponce.com

Kasus Suap Rektor Kembali Terjadi, Pengamat Sebut Jalur Mandiri Sebaiknya Ditutup

Kasus Suap Rektor Kembali Terjadi, Pengamat Sebut Jalur Mandiri Sebaiknya Ditutup
Rektor Universitas Udayana Bali I Nyoman Gde Antara.(Antara Foto/STR)

Kasus suap jalur mandiri kepada rektor belakangan ini kembali terjadi, kali ini kasus suap menimpa rektor Universitas Udayana, I Nyoman Gde Antara. Menanggapi hal tersebut, pengamat kebijakan pendidikan sekaligus guru besar Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Cecep Darmawan, mengatakan melihat model suap yang terjadi, ia menilai sebaiknya jalur mandiri segera ditutup.

"Kalau melihat model sekarang lebih baik jalur mandiri ditutup. Model jalur mandiri yang mensyaratkan biaya yang mahal itu harus ditutup, jadi perguruan tinggi negeri (PTN) tidak boleh mencari uang lewat jalur mandiri, karena itu namanya komersialisasi. PTN harus kreatif dan menjual karya inovatifnya. Bukan mencari dana besar dari jalur mandiri," ucapnya saat dihubungi Media Indonesia pada Rabu, (15/3).

Cecep menambahkan apabila tetap ingin ada jalur mandiri, sebaiknya jalur itu khusus untuk afirmasi.

Baca juga: Kasus Suap Unila: Terkait Kasus Karomani, Herman HN Mengaku Diminta Bantuan

"Jadi kelompok-kelompok mahasiswa atau masyarakat yang rentan dari sisi ekonomi masuk disitu," tutur dia.

Menurutnya, kasus suap rektor tersebut harus menjadi pelajaran bahwa jalur mandiri memiliki banyak potensi atau akses untuk kejadian seperti itu lagi.

Baca lagi: Rektor Universitas Udayana Ditetapkan sebagai Tersangka Kasus Dugaan Korupsi

"Dengan ada atau tidak adanya kasus suap rektor, Perguruan Tinggi harus menerapkan prinsip Good University Governance, dan salah satu dari prinsip Good University Governments adalah akuntabilitas dan transparan," imbuhnya.

Cecep mengatakan semua PTN yang menyelenggarakan jalur mandiri harus diaudit setiap saat dan harus dipublikasikan kepada publik. Dengan begitu transparansi dan kualitas PTN tersebut bisa terus terpantau.

"Jangan ada yang di tutup-tutupi, termasuk audit itu mendapatkan dana berapa dari jalur mandiri dan dana itu digunakan untuk apa," lanjut dia.

(Z-9)


 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat