visitaaponce.com

Saat Erupsi Merapi Bentuk Awannya Mirip Petruk, Ini kata Pakar

Saat Erupsi Merapi Bentuk Awannya Mirip Petruk, Ini kata Pakar
Luncuran awan panas Gunung Merapi terlihat dari Turi, Sleman, DI Yogyakarta, Selasa (14/3/2023).(dok.ant)

FOTO dan video awan panas berbentuk seperti tokoh pewayangan Petruk saat akan terjadi erupsi Gunung Merapi pada Minggu pagi (12/3) viral di media sosial. Mengkaitkan bentuk awan dengan bentuk-bentuk tertentu merupakan hal biasa dalam kepercayaan masyarakat.

Pakar iklim dan bencana dari UGM, Dr. Emilya Nurjani menjelaskan, secara ilmiah, awan seperti yang beredar di media sosial terjadi karena adanya masa udara yang tidak stabil di sekitar gunung. Hal tersebut akhirnya menghasilkan bentuk yang berbeda dari awan-awan yang ada.

"Secara teori penampakan awan seperti tokoh wayang Petruk ini bisa muncul karena masa udara yang tidak stabil di sekitar Gunung Merapi sehingga menghasilkan bentuk awan yang berbeda dari awan-awan yang ada," papar dia dalam siaran pers dari Humas UGM, Rabu (15/2).

Di luar benar atau tidaknya foto ataupun video tersebut, Emilya menuturkan, apabila kemunculan awan tersebut diartikan sebagai tokoh wayang Petruk dan mempunyai arti khusus, maka hal itu kembali kepada kepercayaan masyarakat.

"Ya ini kembali pada kepercayaan masyarakat jika lantas awan yang ada diartikan sebagai Petruk dan ada makna di baliknya," ucapnya.

Dosen Departemen Geografi Lingkungan Fakultas Geografi ini menyebutkan awan berbentuk Petruk tersebut jika dilihat dari elevasi awan dan bentuknya termasuk dalam awan cumulus yang mengandung hujan. "Jikapun turun hujan, maka bersifat lokal," tutup dia. (N-3)

Baca Juga: Gunung Merapi Kembali Keluarkan Awan Panas

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat