visitaaponce.com

Perempuan Berperan Penting dalam Penyediaan Air Minum yang Bersih

Perempuan Berperan Penting dalam Penyediaan Air Minum yang Bersih
Perempuan berperan penting dalam upaya penyediaan air minum bersih.(GETTY IMAGES/WAVEBREAK MEDIA/)

PERAN perempuan dalam penyediaan air bersih yang aman di level rumah tangga sangat mempengaruhi kesehatan anggota keluarga dan lingkungan sekitar.

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Maxi Rein Rondonuwu menjelaskan dengan banyaknya keterlibatan perempuan dalam pemanfaatan air, pengambil keputusan akan menjadikannya isu strategis.

"Keterlibatan perempuan bisa menjadi ajang advokasi kepada para pengambil keputusan di tingkat pusat dan daerah. Peran ibu PKK tentu kami sangat apresiasi dan diharapkan dukungan dari perempuan khususnya mendapatkan air minum rumah tangga yang baik," kata Maxi dalam Peringatan Hari Air Sedunia, Minggu (19/3).

Baca juga: Kementerian PUPR Tak Henti Tingkatkan Akses Masyarakat terhadap Air Minum

Air sangat berkaitan pada beberapa penyakit di Indonesia, seperti angka diare yang masih menjadi masalah. Kemudian sanitasi, sulitnya air minum, dan 70% stunting ada di luar kesehatan dan yang paling besar adalah lingkungan.

"Jika mengatasi stunting tanpa melihat perbaikan lingkungan sekitar sama saja mengejar yang tidak pasti. Bayi yang sudah masuk kategori stunting akan lebih sulit diatasi dibandingkan dengan perbaikan di hulu," ungkapnya.

Baca juga: Ansor DKI Inisiasi Gerakan Sedekah Air Minum secara Gratis

Di kesempatan yang sama, Direktur Penyehatan Lingkungan Kemenkes Anas Ma'ruf menerangkan tema nasional peringatan Hari Air Sedunia adalah Komitmen Pemerintah dan Keterlibatan Perempuan dalam Mencapai Air Minum Aman.

"Meningkatkan kepedulian perempuan dalam menyiapkan air minum yang aman dan meningkatkan edukasi kepada seluruh masyarakat untuk menyediakan air minum yang aman," pungkasnya. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat