visitaaponce.com

Longsor Putuskan 4 Pipa Transmisi Utama, 40 Ribu Pelanggan di Tasikmalaya Terdampak

Longsor Putuskan 4 Pipa Transmisi Utama, 40 Ribu Pelanggan di Tasikmalaya Terdampak
Petugas berupaya menyambungkan 4 pipa transmisi setelah terputustertimpa dan terbawa material longsor di Kampung Citerewes(MI/Adi Kristiadi)

SEBANYAK 40 ribu pelanggan Perusahaan Umum Daerah (PerumdaAir Minum Tirta Sukapura terdampak setelah semua kran milik warga mati total. Kejadian tersebut itu terjadi, Jumat (24/5) sekitar pukul 20.00 WIB malam, 4 pipa transmisi utama putus di Kampung Citerewes, Kecamatan Sariwangi, Kabupaten Tasikmalaya terbawa longsor.

Kepala Sub Bagian informasi dan pelayanan pelanggan Perumda Air Minum Tirta Sukapura Kabupaten Tasikmalaya, Iri Sopiyan mengatakan, hujan deras yang terjadi sejak sore menyebabkan sebuah tebing setinggi 10 meter longsor memutus dan membawa PVC 4 buah pipa transmisi utama. Kejadian tersebut, mengakibatkan 40 ribu pelanggan di Kota dan Kabupaten Tasikmalaya terdampak.

"Awalnya kami hitung jumlah pelanggan yang terdampak mencapai 25 ribu, tetapi jumlahnya itu bertambah menjadi 40 ribu pelanggan di Kota dan Kabupaten sampai sekarang belum teraliri air bersih. Namun, tim Perumda, TNI dan warga masih terus berupaya memperbaiki jaringan PVC 4 pipa yang terputus tertimpa longsor," katanya, Minggu (26/5/2024).

Baca juga : Bangun Sejuta Sambungan Baru, PAM Jaya Optimistis Target 100 Persen Total Pelanggan Tercapai 

Ia mengatakan, intensitas hujan tinggi yang terjadi menyebabkan tebing setinggi 10 meter longsor menimpa dan membawa PVC 4 pipa transmisi utama di Kecamatan Sariwangi dan 40 ribu pelanggan berada di wilayah Kota dan Kabupaten Tasikmalaya mati total. Namun, 4 pipa transmisi utama itu putus dan terbelah menjadi dua, tiga bagian mulai ukuran 300 mm 3 buah dan GI 200 mm 1 buah.

"Putusnya PVC 4 pipa transmisi utama di Kampung Citerewes, Desa Sukaharja, Kecamatan Sariwangi belum mengalir ke 40 ribu pelanggan terdampak di Cabang Singaparna, Cabang Mangunreja, Cabang Sariwangi, Cabang Tasikmalaya Barat, Cabang Tasikmalaya Timur, Cabang Kawalu, Cabang Cibeureum, Cabang Tamansari, Cabang Manonjaya," ujarnya.

Sebelumnya, hujan deras yang terjadi sejak beberapa hari telah menyebabkan sebuah tebing setinggi 10 meter longsor menimpa dan membawa empat pipa transmisi utama di Kampung Citerewes, Desa Sukaharja, Kecamatan Sariwangi, Kabupaten Tasikmalaya. (AD/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat