visitaaponce.com

Perumda Tirtawening Bantu Warga Terdampak Pipa PDAM Bocor

Perumda Tirtawening Bantu Warga Terdampak Pipa PDAM Bocor
Perumda Tirtawening memberikan bantuan air bersih untuk warga dua kampung di Kota Bandung.(DOK/PERUMDA TIRTAWENING)

PERUMDA Tirtawening Kota Bandung memberikan bantuan air bersih kepada warga yang terdampak bocornya pipa air ledeng di wilayah Bandung Utara.

Bantuan diberikan oleh Direktur Utama Perumda Tirtawening Sonny Salimi di Kampung Ciraten, Kelurahan Isola, Kecamatan Sukasari dan Kampung Cikadu, Kelurahan Ciumbuleuit, Kecamatan Cidadap, Minggu (12/5).

Kebocoran pipa PDAM di Wilayah Bandung Utara disebabkan oleh adanya pengeboran untuk infrastruktur sebuah hotel. Akibatnya, dalam beberapa hari terjadi aliran air untuk pelanggan PDAM di Bandung Utara berhenti.

Baca juga : Alternatif Sumber Air Bersih, Perumda Tirtawening Kota Bandung Jajaki Kerja Sama Dengan Waduk Jatiluhur

Direktur Perumda Tirtawening Sonny Salimi  menyampaikan berdasarkan hasil investigasi bahwa terjadi kebocoran pipa dari mata air Gunung Burangrang, pada Rabu. "Pipa yang berada di dalam kirmir sebuah hotel, karena tekanan air dan debitnya yang besar menggerus tanah, sehingga menyebabkan tanah longsor."

Setelah penyambungan kembali pipa, pihaknya masih melakukan pembersihan sampai ke daerah Ciumbuleuit, karena ada lumpur dan tanah yang terbawa aliran air. Wilayah terdampak dari mulai Setia Budi, Cipaku, Budi indah, Cidadap  dan Ciumbuleuit.

"Dalam urusan infrastruktur air minum sering terhambat masalah pemanfaatan lahan untuk mengamankan pipa. Bagaimana pun infrastruktur untuk masyarakat mestinya mendapatkan prioritas utama, karena yang terdampak masyarakat juga," tandasnya

Warga yang mendapat bantuan air bersih sangat antusias  dengan membawa galon untuk menampung air ke rumah masing-masing.

"Sudah 3 hari air PDAM tidak mengalir. Kami kesulitan mendapatkan air bersih sehingga harus mengeluarkan biaya Rp200 ribu untuk membeli air  guna keperluan selama 4 hari. Kami ucapkan terima kasih atas respon dari PDAM Tirtwening yang langsung memberikan bantuan air bersih hari ini," ujar Sarah, Warga Cirateun, Sukasari.

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sugeng

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat