visitaaponce.com

Politeknik Lingkup Kementan Kembali Buka Penerimaan Mahasiswa Baru

Politeknik Lingkup Kementan Kembali Buka Penerimaan Mahasiswa Baru
Politeknik lingkup kementerian Pertanian(Dok. Kementan)

POLITEKNIK di lingkup Kementerian Pertanian kembali membuka penerimaan mahasiswa baru pada 2023. 

Diketahui, Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian membawahi Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangantan) dan Politeknik Enjinering Pertanian Indonesia (PEPI) yang tersebar di tujuh wilayah di Indonesia, yaitu Polbangtan Medan, Polbangtan Bogor, Polbangtan Yogyakarta-Magelang, Polbangtan Malang, Polbangtan Gowa, Polbangtan Manokwari, dan PEPI di Serpong.

Pada tahun ini penerimaan mahasiswa baru Politeknik lingkup kementerian pertanian membuka tiga jalur pendaftaran antara lain, jalur undangan dan tugas belajar; jalur Umum dan kerja sama; dan jalur POSKM (Prestasi, Olahraga, Seni, Keilmuan, Bakat)

Baca juga : Kementan Berdayakan Milenial Demi Perkuat Generasi Penerus Perkebunan

Pendaftaran untuk jalur undangan dan tugas belajar dibuka dari 6-26 Maret 2023. Kemudian untuk jalur umum dan kerja sama dimulai dari 10 April hingga 7 Mei 2023. Sedangkan pendaftaran jalur POSKM dimulai dari 5 hingga 8 Juni 2023. 

Kepala Pusat Pendidikan Pertanian, Idha Widi Arsanti mengatakan proses penerimaan mahasiswa baru sudah sepenuhnya terpusat melalui portal pmb.pusdiktan.id.  

Baca juga : Poltekpar Prima Internasional Raih Penghargaan LL Dikti Wilayah IV

"Kami siap menerima putra putri terbaik bangsa dengan fasilitas sarana pembelajaran agribisnis hulu hingga hilir yang sangat memadai,” kata Santi, melalui keterangannya, Selasa (28/3).

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menegaskan untuk mendukung pembangunan pertanian diperlukan sumber daya manusia pertanian yang berkualitas, andal, berkemampuan manajerial, kewirausahaan dan organisasi bisnis, sehingga pelaku utama dan pelaku usaha di sektor pertanian akan mampu membangun usaha tani yang berdaya saing tinggi.

"Salah satu upaya regenerasi SDM pertanian, khususnya pelaku utama dan pelaku usaha melalui pendidikan vokasi. Polbangtan dan PEPI sebagai pelaksana pendidikan vokasi merupakan pabrik pencetak generasi milenial yang harus terus melakukan inovasi sebagai modal mahasiswa ketika terjun ke masyarakat," kata Syahrul, melalui keterangannya, Selasa (28/3).

Sementara itu, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi mengatakan pendidikan vokasi menjadi jawaban atas kebutuhan SDM pertanian yang andal, dengan menyatukan antara kemampuan intelektual dengan pengembangan karakter.

“Kekuatan karakter sangat penting, karena akan membuatnya menjadi seorang yang kuat, mampu bertarung dan mampu mencari jalan keluar terhadap segala tantangan yang ada,” jelas Dedi. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat