visitaaponce.com

Salat Ied Jam Berapa Ini Waktu dan Jadwalnya

Salat Ied Jam Berapa? Ini Waktu dan Jadwalnya
Ilustrasi salat ied(Antara/Mohamad Ayudha )

SALAT Ied adalah salat yang dilakukan umat muslim pada Hari Raya Idulfitri atau pada tanggal 1 Syawal. Salat sunnah ini merupakan amalan yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Meskipun salat Idulfitri derajatnya tidak sampai wajib (fardhu), namun sunnahnya sangat dianjurkan serta diutamakan bagi setiap umat muslim. Sama seperti ibadah lainnya, salat Ied juga memiliki keutamaan dan pahala jika dikerjakan oleh umat Islam.

Menurut mazhab Syafi'i, waktu pelaksanaan salat dua rakaat ini, dimulai dari munculnya matahari atau habisnya waktu subuh pada hari raya Idul Fitri sampai nanti bergesernya matahari memasuki waktu zuhur.

Baca juga : Sujud Ternyata Bantu Alirkan Darah Berisi Nutrisi ke Otak

Terkait dengan waktu pengerjaan salat Idulfitri berbeda dengan salat Iduladha. Pada 1 Syawal, salat Ied dianjurkan untuk diakhirkan (lebih mundur) karena memberikan kesempatan untuk umat Islam agar leluasa membayar zakat fitrah. 

Berbeda dengan salat Idulfitri yang waktu pelaksanaanya dapat diakhirkan, salat Idul Adha pada 10 Zulhijah, dianjurkan untuk dilakukan lebih awal (lebih pagi). Pasalnya, setelah salat Ied umat Islam masih memiliki kewajiban untuk menyembelih dan membagikan hewan kurban. Penyembelihan hewan kurban dapat berlangsung pada waktu Idul Adha dan 3 hari tasyrik (11 hingga 13 Zulhijah).

Baca juga : Kumpulan Surat Pendek yang Mudah Dihafal

Melihat dari kebiasaan orang Indonesia, salat Idulfitri digelar mulai pukul 07.00 waktu setempat. Ada pula yang mulai melaksanakan salat Idulfitri mulai pukul 06.00 hingga pukul 08.00 waktu setempat. Berdasarkan kalender 2023 dari pemerintah, Hari Raya Idulfitri jatuh pada 22 dan 23 April 2023. 

Untuk itu, agar dapat mengikuti salat dengan baik, ada baiknya Anda untuk datang lebih awal mengingat salat Ied akan diikuti oleh seluruh umat muslim yang ada. (Z-5

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat