visitaaponce.com

Arti Fabiayyi Ala Irobbikuma Tukadziban

PERNAHKAH kalian mendengar kalimat atau lafal fabiayyi ala irobbikuma tukadziban? Bagi kalian yang sering membaca Al-Qur'an pasti akan langsung tahu surat letak kalimat fabiayyi ala irobbikuma tukadziban berada. Fabiayyi ala irobbikuma tukadziban diulang sebanyak 31 kali pada salah satu surat di dalam Al-Qur'an. Suratnya ialah surah Ar-Rahman.

Lafaz fabiayyi ala irobbikuma tukadziban dalam surat Ar-Rahman terdapat dalam ayat 13, 16, 18, 21, 23, 25, 28, 30, 32, 34, 36, 38, 40, 42, 45, 47, 49, 51, 53, 55, 57, 59, 61, 63, 65, 67, 69, 71, 73, 75, 77. Lalu kenapa lafaz fabiayyi ala irobbikuma tukadziban diulang sebanyak 31 kali dan ditujukan kepada siapa kalimat fabiayyi ala irobbikuma tukadziban? Berikut arti fabiayyi ala irobbikuma tukadziban beserta teks arab dan penjelasannya.

Fabiayyi ala irobbikuma tukadziban Arab, Latin

Arab:

فَبِأَىِّ ءَالَآءِ رَبِّكُمَا تُكَذِّبَانِ

Latin:

Fa-biayyi alaa i Rabbi kuma tukadzdzi ban.

Arti: 

Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?

Baca juga: Rahasia Angka 7 dalam Al-Quran sebagai Mukjizat

Berdasarkan arti fabiayyi ala irobbikuma tukadziban di atas, ayat fabiayyi ala irobbikuma tukadziban ditujukan  kepada manusia dan jin. Keduanya diingatkan betapa banyak nikmat Allah yang sudah dilimpahkan kepada mereka (manusia dan jin). Banyak nikmat yang disebutkan dalam Surat Ar-Rahman sebanyak 31 kali. 

Lalu kenapa fabiayyi ala irobbikuma tukadziban diulang sebanyak 31 kali? Simak ulasan berikut.

Penyebab fabiayyi ala irobbikuma tukadziban diulang 31 kali

Tak heran karena sering diulang-ulang dan didengarkan akhirnya kita pun menjadi hafal dan tahu arti fabiayyi ala irobbikuma tukadziban. Dalam surah Ar-Rahaman, fabiayyi ala irobbikuma tukadziban berada di ayat 13, 16, 18, 21, 23, 25, 28, 30, 32, 34, 36, 38, 40, 42, 45, 47, 49, 51, 53, 55, 57, 59, 61, 63, 65, 67, 69, 71, 73, 75, dan 77.

Pada dasarnya pengulangan kalimat fabiayyi ala irobbikuma tukadziban--menurut Imam As Sutuhi dalam It-Itqan fi Ulumil Quran--menjelaskan untuk memantapkan pemahaman dan menekankan pentingnya bersyukur atas nikmat-nikmat yang telah Allah berikan. Sedangkan menurut Wahbah Az Zuhaili dalam Tafsir Al Munir, setiap selesai menyebutkan suatu nikmat diikuti dengan kalimat fabiayyi ala irobbikuma tukadziban untuk mengingatkan nikmat tersebut sekaligus menumbuhkan nuansa takut, segan, dan penuh khidmat. Ayat tersebut juga menjadi kecaman sekaligus ancaman bagi orang yang mendustakan nikmat dan tidak mensyukurinya.

Baca juga: Urutan Surat Juz 30 dalam Alquran, Dibaca saat Salat

Namun, penyebab hingga diulangnya sebanyak 31 pada dasarnya hanya Allah yang mengetahuinya. Sebab, banyak hal di dunia ini yang tidak bisa dipikirkan oleh nalar manusia karena sudah bukan kapasitasnya dan hanya Allah yang mengetahuinya.

Namun, ada jawaban paling matematis--menurut Syaikh Al Jamal dalam Haasyiat-nya terhadap Tafsir Al Jalalain-- bahwa 31 kali pengulangan fabiayyi ala irobbikuma tukadziban terbagi dalam empat kelompok uraian. Ada yang berkaitan dengan keajaiban ciptaan Allah yang terhampar di bumi dan langit disertai penciptaan dan kebangkitan. Uraian ini diselingi 8 kali pengulangan fabiayyi. Berkaitan dengan siksa neraka, diselingi 7 kali pengulangan fabiayyi. 

Berkaitan dengan penghuni surga dan aneka kenikmatannya, diselingi dengan 8 kali pengulangan fabiayyi. Berkaitan dengan dua surga yang tidak sama dengan surga yang dijelaskan sebelumnya, diiringi 8 kali pengulangan fabiayyi.

Kesimpulannya, siapa yang mengakui dan mensyukuri nikmat Allah yang sangat banyak, akan terhindar dari pintu neraka yang jumlahnya 7 dan dipersilahkan masuk surga dengan pintu yang berjumlah 8. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat