visitaaponce.com

Nihil Jemaah Umroh Terlantar di Jeddah

Nihil Jemaah Umroh Terlantar di Jeddah
Jamaah Umroh asal Indonesia bersama negara lain melaksanakan Tawaf saat ibadah Umroh seusai Salat Subuh di Masjidil Haram, Mekah, Arab Saudi(MI/RAMDANI )

KONSULAT Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Jeddah, Arab Saudi, menyatakan seluruh jemaah umroh yang sempat terlantar sekitar 400 orang telah dipulangkan ke Tanah Air. Penelantaran kerap terjadi karena masalah teknis.

"Saat ini tidak ada yang terlantar dan kalau yang sempat terlantar sudah beberapa hari lalu, bisa sekitar 400 orang, dengan berbagai sebab dan beda travel. Tetapi semua sudah pulang," kata Konsul Jenderal Republik Indonesia Eko Hartono kepada Media Indonesia (2/4).

Menurut dia jemaah umroh yang terlantar di Jeddah yang menghiasi media sosial kali ini merupakan kejadian lawas. Itu terjadi pada September 2022 dengan seluruh jamaah umroh tersebut sudah lama dipulangkan.

Baca juga: Komnas Haji dan Umrah: Perlu Tindakan Tegas Agar Kasus Penipuan PT NSWM tidak Lagi Berulang

Ia menerangkan penelantaran jemaah umroh biasanya akibat kesalahan teknis yang dilakukan petugas travel. Biasanya karena ketidakjelasan jadwal kepulangan, keterlambatan jadwal extra atau mampir ke negara lain, hingga ketidaksesuaian hotel atau penginapan.

"Ada juga paspor terselip sehingga kepulangan mundur beberapa hari. Untuk penyebab jemaah umroh terlantar karena travel bodong itu jarang dan hanya ada satu atau dua yang nakal. Tetapi kebanyakan jemaah terlantar karena alasan teknis," pungkasnya. (Cah/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat