visitaaponce.com

Kasus Covid-19 Naik, Prokes di Tempat Publik Harus Ditingkatkan

Kasus Covid-19 Naik, Prokes di Tempat Publik Harus Ditingkatkan
Ilustrasi prokes(ANTARA )

KENAIKAN kasus covid-19 yang mencapai 2 kali lipat menjadi alarm agar pemakaian masker dan protokol kesehatan (prokes) di tempat publik harus kembali ditingkatkan.

"Sepertinya memang Asia dan Timur Tengah ada sedikit peningkatan tapi masih di bawah standar amannya, tapi alert boleh lah," kata Kepala Bidang Pengembangan Profesi Perhimpunan Ahli Epidemiologi Indonesia (PAEI) Masdalina Pane saat dihubungi, Minggu (2/4).

Diketahui per Hari Ini 2 April 2023 kasus covid-19 bertambah 403 kasus konfirmasi dan kasus aktif 245 kasus. Sementara angka kematian hanya bertambah 4 kasus.

Baca juga: RS Darurat Covid-19 Kemayoran Ditutup, Ini Kata Kemenkes

"Sementara ini, dikuatkan kembali protokol kesehatan terus mendorong kembali penggunaan masker di tempat-tempat publik. Kematian juga sangat rendah, tapi tentu kita harus tetap waspada, apalagi nanti ada libur hari raya, mestinya akan ada sedikit peningkatan karena kelelahan dan sistem imun yang turun, tapi mudah-mudahan tidak terlalu tinggi angkanya," jelas Masdalina.

Selain itu ia mengatakan varian baru biasanya tidak muncul ketika libur panjang dengan mobilitas masyarakat yang tinggi. Varian baru biasanya akan muncul dari import case dari luar negeri.

Baca juga: Covid-19 Tumbang, Kami Pulang

"Varian baru tidak pernah muncul saat lebaran, varian of concern terakhir itu omikron muncul Desember 2021, beberapa sub variannya muncul tidak terkait lebaran, biasanya di dapat dari import cases dari luar negeri. Belum pernah varian dari Indonesia lalu kita ekspor keluar, mungkin ada tapi karena kapasitas sequencing kita terbatas terdeteksinya dari negara lain," pungkasnya. (Iam/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat