visitaaponce.com

Kemenkes Tegaskan Sufor tidak Sebabkan Diabetes Pada Anak

Kemenkes Tegaskan Sufor tidak Sebabkan Diabetes Pada Anak
Ilustrasi anak(Foto Terbit)

LONJAKAN kasus diabetes yang menyerang anak dengan rentang usia 10-15 tahun dinilai bukan akibat konsumsi susu formula. Pasalnya, kandungan nutrisi pada susu formula telah disesuaikan dengan standar yang berlaku serta kebutuhan anak.

"Kalau susu formula kita tahu ya kalau pada anak mereka ada yang tidak bisa mendapatkan ASI karena kondisi tubuh ibunya, kemudian anaknya juga alergi, tapi sebenarnya susu formula itu sudah disesuaikan dengan usia anak-anak," jelas Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Siti Nadia Tarmizi, Jakarta, dilansir pada Selasa, 4 April 2023.

Menurut Nadia, faktor dominan diabetes anak adalah pola hidup yang salah. Seperti makan dan minum dengan kadar gula berlebih dari standar konsumsi gula harian serta kurang olahraga.

Baca juga : Ini Ciri-Ciri Anak yang Terkena Diabetes

Nadia menyampaikan jika seorang anak tidak memiliki penyakit bawaan atau penyakit yang mengganggu keseimbangan kadar gula darah, sangat kecil terkena diabetes.

Baca juga : Cegah Peningkatan Penderita Diabetes, Konsumsi Gula Harus Diatur

"Kalau anak tidak ada penyakit (penyerta) yang menyebabkan gangguan kadar insulin yang diproduksi oleh pankreas, itu tidak bermasalah kan (karena) pola perilaku dan gaya hidup, pola perilaku dan gaya hidup inilah yang berkontribusi terhadap penyakit diabetes," ucap dia.

Dia menjelaskan konsumsi makanan dan minuman manis berlebihan yang menjadi penyebab utama diabetes mellitus pada anak. Dengan begitu, kata dia, jika seorang anak minum susu formula, dan tidak minum manis berlebihan, sangat kecil kemungkinan terjadi diabetes di kemudian hari.

"Kadang usia 5 tahun sudah minum manisan yang bermacam-macam itu yang membuat lebih berkontribusi," ujar Nadia.

Berdasarkan data Kemenkes, mayoritas kasus diabetes yang menyerang anak-anak di Indonesia merupakan diabetes tipe 2 akibat pola hidup. Adapun diabetes tipe satu biasanya disebabkan kelainan fungsi sel beta pankreas, antara lain karena faktor genetik, tetapi diabetes tipe ini lebih sedikit kasusnya di Indonesia. (Z-8)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat