visitaaponce.com

Cegah Peningkatan Penderita Diabetes, Konsumsi Gula Harus Diatur

Cegah Peningkatan Penderita Diabetes, Konsumsi Gula Harus Diatur
Ilustrasi(AFP)

TINGGINYA konsumsi gula di masyarakat membuat masyarakat terancam menderita penyakit diabetes melitus (DM). Pembatasan konsumsi minuman berpemanis dalam kemasan (MBDK) di masyarakat harus segera dilakukan.

“Pemungutan cukai pada produk MBDK menjadi salah satu solusi untuk mengendalikan terhadap potensi penyakit-penyakit yang menyerang pada anak maupun keluarga kita,” ungkap anggota Komisi IX DPR RI Rahmad Handoyo 

Berdasarkan data dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), prevalensi anak penderita diabetes meningkat 70 kali lipat pada 2023 dibanding tahun 2010. Kemudahan memperoleh makanan dan minuman manis menjadi salah satu penyebabnya.

Baca juga: Ini Ciri-Ciri Anak yang Terkena Diabetes

Oleh karena itu, Rahmad meminta pemerintah untuk menggencarkan edukasi serta sosialiasi soal penyakit diabetes. Pengetatan pada bidang regulasi pun menurutnya perlu dilakukan.

"Untuk itu saya kira, kita sampaikan kepada masyarakat, kepada anak-anak, kepada keluarga apa itu penyakit diabetes, apa itu risikonya, apa itu bahayanya, dan dampaknya jangka panjang," ujarnya.

Baca juga: Diabetes Anak Perlu Dapat Perhatian Khusus Masyarakat

Banyaknya penderita penyakit diabetes pun akhirnya membebani keuangan negara. Legislator PDI-Perjuangan itu meminta kolaborasi yang harmonis antar lembaga untuk berkomitmen memberantas penyakit diabetes dari Indonesia. Ia berharap dengan kolaborasi yang mantap, penderita diabetes di Indonesia bisa segera turun.

"Dengan kita kendalikan bersama-sama, maka pola hidup sehat, gerakan hidup sehat masyarakat menjadi salah satu kunci untuk kita bisa menjalani kehidupan ini dengan baik," pungkasnya. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat