visitaaponce.com

Waktu Tunggu Panjang, Banyak Jemaah Haji akan Berangkat saat Lansia

Waktu Tunggu Panjang, Banyak Jemaah Haji akan Berangkat saat Lansia
Ketua Komisi VIII DPR RI Ashabul Kahfi saat memberikan sambutan dalam pembukaan Bimbingan Teknis Terintegrasi petugas haji(MI/Windy Dyah Indriantari)

UMAT muslim Indonesia umumnya baru mendaftarkan diri untuk berhaji pada saat ekonomi mereka mapan di usia 40-50 tahun.

Ketua Komisi VIII DPR RI Ashabul Kahfi mengatakan dengan waktu tunggu 20 tahun hingga 40 tahun, tidak bisa terhindarkan mereka akan melaksanakan ibadah haji saat berusia lanjut.

"Pada saat mereka melaksanakan haji jika umurnya panjang maka usia mereka sudah dalam kategori jemaah lansia banget," ujar Ashabul saat memberikan sambutan dalam pembukaan Bimbingan Teknis Terintegrasi dengan Kementerian Kesehatan Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Tahun 1444 H/2023 M.

Baca juga : BPKH Salurkan Bantuan Progam Kemaslahatan Senilai Rp15 Miliar

Oleh karena itu, kelompok lansia akan menjadi wajah jemaah haji Indonesia di tahun-tahun mendatang. Hal ini harus menjadi perhatian bangsa.

Ashabul menceritakan pengalamannya saat kunjungan kerja Komisi VIII ke Sulawesi Selatan pekan lalu. Jemaah haji lansia dari provinsi tersebut mencapai 364 jemaah dan yang terbanyak dari Kabupaten Wajo, yakni 104 orang.

Baca juga : Sebagian Besar Jemaah Haji asal Indonesia Berpenyakit

"Ternyata dari 104 orang itu ada dua orang usianya sudah 102 tahun," ujar Ashabul.

Ia mengaku sempat membisiki Bupati Wajo mengutarakan keraguan bahwa kedua jemaah lansia itu akan sanggup secara fisik melaksanakan ibadah haji. Namun, mereka tidak akan mau mengurungkan niat berhaji.

"Ini kesempatan, kapan lagi. Haji itu kan belum tentu orang yang memiliki biaya mendapatkan kesempatan," tutur Ashabul.

Ashabul mengungkapkan komitmen Komisi VIII DPR RI dan Kementerian Agama untuk selalu berusaha meningkatkan kuota haji di tahun-tahun mendatang. Upaya tersebut diiringi kebijakan-kebijakan yang memprioritaskan jemaah lansia.

Politikus Partai Amanat Nasional (PAN) itu memuji Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas yang memberi perhatian khusus pada jemaah lansia pada penyelenggaraan haji tahun ini. Menag telah mencanangkan Haji Ramah Lansia.

Ashabul mebgingatkan haji ramah lansia harus menjadi sikap seluruh petugas haji dalam berbagai tingkatan.

"Haji ramah lansia bukan hanya diperlukan untuk petugas haji pada divisi lansia, tetapi juga harus menjadi spirit dan fokus kerja bagi seluruh layanan divisi setiap pelayanan harus memprioritaskan pada orang tua dan jemaah lansia," ujar Ashabul.

Tahun ini Indonesia akan memberangkatkan 221 ribu jemaah haji. Sebanyak sepertiga masuk dalam kategori jemaah lansia, yakni berusia 65 tahun ke atas.

Bimbingan teknis terintegrasi PPIH Arab Saudi dibuka Menteri Agama, di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Rabu (12/4) malam. Selain Ashabul, turut hadir Wakil Ketua MPR RI Yandri Susanto.  (Z-5)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat