visitaaponce.com

Panen Raya 4 Juta Hektare, Mentan Mampu Produksi Beras 13 Juta Ton

Panen Raya 4 Juta Hektare, Mentan: Mampu Produksi Beras 13 Juta Ton
Presiden Jokowi yang didampingi Mentan SYL mengunjungi kegiatan tanam serentak di Kabupaten Tuban, Jawa Timur, pada Kamis (6/4/2023).(Dok. MI)

MENTERI Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengatakan saat ini panen raya padi di seluruh daerah telah mencapai 30 persen dari 7,4 hektare. Angka ini akan terus bertambah.

"Ini (panen raya) sudah masuk kurang lebih 3-4 juta hektare," ujar Syahrul ditemui di Istana Wakil Presiden, Jakarta Pusat, Rabu, 12 April 2023.

Syahrul menjelaskan dengan kondisi saat ini mampu memproduksi beras mencapai 13 juta ton. Ia meyakini panen raya mampu menekan harga beras jelang hari raya Idulfitri 1444 Hijriah.

Baca juga: Pengamat Ungkap Polemik Soal Panen Raya Padi dan Impor Beras

"Kekuatan (produksi beras) itu menjadi kekuatan untuk bisa menormalisasi kondisi (harga) dan kebutuhan (beras masyarakat)," bebernya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan harga beras telah mengalami penurunan meski belum terlalu signifikan. Ia berharap harga beras dapat turun lebih rendah lagi seiring dengan banyaknya panen raya.

Baca juga: Presiden: Impor Beras Dua Juta Ton untuk Antisipasi Kemarau Panjang

"Beras juga turun meskipun masih antara 300-400 perak tapi sudah turun. Nah, ini kalau panennya makin banyak, panen raya makin banyak, kita harapkan harganya bisa turun lagi sehingga inflasi makin kecil," ujar Presiden Jokowi di Pasar Legi di Kota Surakarta, Senin, 10 April 2023.

Meski demikian, Presiden Jokowi mengatakan bahwa pemerintah akan tetap melakukan impor beras. Kebijakan tersebut dilakukan sebagai langkah antisipasi pemerintah dalam menghadapi El Nino.

"Itu untuk jaga-jaga, untuk cadangan strategis untuk beras pemerintah, untuk jaga-jaga karena persiapan ada El Nino," jelas Presiden. (MGN/Z-7)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat