visitaaponce.com

Ada Subvarian Baru Arcturus, Angka Kasus Covid-19 Kembali Meningkat

Ada Subvarian Baru Arcturus, Angka Kasus Covid-19 Kembali Meningkat
Ilustrasi pasien covid-19 yang kembali meningkat akibat subvarian Arcturus.(AFP/Kanojia)

Angka kasus positif covid-19 di Indonesia kembali meningkat dalam beberapa hari terakhir. Peningkatan tersebut diduga akibat mucul dan menyebarnya varian baru covid-19 bernama Arcturus atau Omicron XBB 1.16.

Pimpinan teknis WHO untuk COVID-19, Maria Van Kerkhove, mengatakan subvarian Arcturus sebenarnya telah muncul dalam beberapa bulan terakhir. Namun, eksistensinya semakin santer terdengar dalam beberapa minggu terakhir setelah terjadi peningkatan kasus covid-19 dengan subvarian Arcturus.

Kerkhove menyebut varian tersebut memiliki kemampuan penularan lebih tinggi. Namun, pihaknya tidak menemukan kenaikan tingkat keparahan gejala pada pasien covid-19 dengan infeksi Arcturus.

Baca juga: Covid-19 Nyaris Sentuh Angka 1.000 Kasus Baru

"Ini memiliki satu mutasi tambahan pada protein lonjakan yang dalam penelitian laboratorium menunjukkan peningkatan infektivitas serta potensi peningkatan patogenisitas," ungkap Kerkhove, dilansir dari Daily Express, Kamis, (13/4).

Ia mengatakan gejala yang muncul pada kasus covid-19 Arcturus hampir sama dengan yang terjadi pada gelombang covid-19 Omicron. Penderita akan mengalami gejala seperti flu, mulai dari hidung tersumbat, batuk, sakit kepala, hingga rasa sakit dan pegal di persendian. Meski begitu tingkat kefatalan tidak lebih tinggi dibandingkan varian covid-19 lainnya.

Baca jugaL: Covid-19 Tumbang, Kami Pulang

Seperti diketahui, angka kasus covid-19 di Indonesia mengalami peningkatan pesat dalam sepekan terakhir. Selama periode 29 Maret sampai 4 April, jumlah kasus covid-19 yang dilaporkan berjumlah 2.949 kasus, lalu naik menjadi 4.298 kasus konfirmasi covid-19 selama rentang periode 5 sampai 11 April.

Kasus kematian Covid-19, tercatat selama sepekan terakhir berjumlah 36 kasus. Jumlah itu lebih tinggi dibandingkan periode 29 Maret-4 April yang mencatatkan 25 kasus kematian.

Di Jakarta, sebanyak 475 kasus dari 987 kasus covid-19 nasional ditemukan pada Rabu, 12 April 2023. Angka itu setara dengan 48,1 persen dari total kasus nasional di tanggal tersebut.

Kemudian Jawa Barat melaporkan 183 kasus covid-19 baru. Semuanya berasal dari penularan lokal. Jawa Timur mencatat 121 kasus baru yang semuanya berasal dari transmisi lokal. Sementara itu, sembilan provinsi nihil kasus baru hari ini. Provinsi itu mulai dari Riau, Sulawesi Utara, hingga Maluku Utara.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat