visitaaponce.com

Rahasia Mengatur Keuangan Rumah Tangga Paling Jitu

Rahasia Mengatur Keuangan Rumah Tangga Paling Jitu
Ilustrasi(dok. Ist)

MEMBUAT perencanaan keuangan rumah tangga sewajarnya menjadi kewajiban agar apa yang menjadi target bisa terpenuhi. Selain itu, agar tidak keteteran karena ada kebutuhan penting yang tidak bisa dipenuhi.

Berikut ini adalah tips-tips yang bisa kamu lakukan agar keuangan rumah tangga kamu sehat dan baik adanya.

1. Tahu Kondisi keuangan

Pertama sekali yang kita perlu catat adalah mengenali seluruh penghasilan yang kita dapatkan baik dari gaji rutin maupun pendapatan tambahan jika ada sumber penghasilan lain. Dengan mencatat semua itu kamu akan mengenali seberapa kuat kondisi keuangan kamu pada awal bulan dan sepanjang bulan berjalan.

Baca juga: Tips Mengelola THR Agar Keuangan Tetap Sehat

2. Tentukan Tujuan Bukan Keinginan

Kamu pasti punya tujuan untuk mendapatkan sesuatu yang sebaiknya bukan karena keinginan tetapi karena kamu benar-benar membutuhkan. Ambil contoh jika

kamu ingin menyiapkan dana darurat maka sisihkan 5% dari penghasilanmu.

Baca juga: Kiat Kelola THR dengan Basis Persentase Anggaran

3. Tentukan Prioritas

Jika kamu memiliki banyak daftar keinginan dan tujuan yang ingin dicapai tahun ini, tapi dana terbatas maka kamu perlu menentukan prioritas. Sederhananya apa yang kami butuhkan bukan apa yang kamu inginkan.

4. Susun Anggaran Bulanan

Ketika sudah memiliki tujuan, rencana prioritas, langkah berikut adalah susun rencana kebutuhan bulanan kamu untuk keperluan sehari-hari. Misalnya, 50% belanja, 30% cicilan utang, 20% investasi atau 40% kebutuhan rutin, 30% cicilan utang, dan 20% belanja di luar rutin dan 10% investasi atau formula lain yang disesuaikan dengan kondisi keuangan kamu.

5. Mencatat Pengeluaran

Supaya keuangan tetap sehat, maka semua pengeluaran harus dicatat secara rapih. Adanya Catatan juga membantu kita melakukan valuasi terhadap tujuan yang ingin kita capai dalam satu tahun apa yang menjadi target kita benar-benar tercapai.

6. Komunikasi Terbuka dengan Pasangan

Membicarakan keuangan rumah tangga dengan pasangan adalah suatu kewajiban karena uang yang ada, bukan lagi uang suami atau istri tetapi uang keluarga. Maka apa pun perencanaan kamu di dalam rumah tangga harus dikomunikasikan secara terbuka atau transparan. Awal kerusakan keuangan rumah tangga juga bisa timbul dari tidak adanya keterbukaan urusan keuangan antar pasangan.

7. Disiplin

Hal penting untuk menjamin semua rencana keuangan kamu terwujud adalah disiplin. Atas semua rencana, alokasi, pencatatan pengeluaran, komunikasi itu akan bisa diwujudkan ketika kamu punya komitmen untuk disiplin.

Selamat Mencoba! (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat