visitaaponce.com

Ingin Kuliah di Malang Ini 10 Universitas Unggulan dan Paling Diminati di Malang

Ingin Kuliah di Malang? Ini 10 Universitas Unggulan dan Paling Diminati di Malang
Universitas Brawijaya salah satu universitas unggulan di Malang.(Dok. Medcom)

Sebagai kota Pendidikan, Malang memang menyediakan tempat belajar yang banyak diminati masyarakat Indonesa dari berbagai daerah. Dianggap cocok untuk belajar, Malang kian menempati posisinya dengan sederatan kampus unggulan lain di Indonesia. Tidak kurang dari 60 perguruan tinggi berdiri di Malang. Dengan jumlah mahasiswa sekitar 247 ribu.

Supaya menjadi referensi kamu, di sini kami sajikan 10 besar Universitas unggulan di Malang yang paling banyak diminati.

1. Universitas Brawijaya

Dikenal dengan sebutan Unibraw, Universitas Brawijaya merupakan salah satu universitas terbaik di Kota Malang dan Indonesia. Mengantongi akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi (BAN-PT), Unibraw menduduki peringkat ke-3 perguruan tinggi terbaik di Indonesia versi 4ICU, peringkat ke-6 nasional versi The World University Rankings, serta peringkat ke-4 nasional versi Webometrics (Data 2021). Dengan 3 lokasi kampus utama, Universitas ini memiliki fasilitas lengkap mulai dari sports center, poliklinik, rumah sakit umum, rumah sakit gigi dan mulut, rumah sakit hewan pendidikan, masjid, dan tentu saja berbagai laboratorium.

Baca juga: Ini 10 Perguruan Tinggi Kristen Terbaik RI Versi UniRank

2. Universitas Negeri Malang (UM)

Kampus yang menempati peringkat 15 besar Asia dan 158 dari 398 perguruan tinggi dan institusi dunia ini, pada tahun, 2022, Universitas Negeri Malang (UM) menyabet peringkat pertama secara nasional untuk subjek pendidikan dari Scimago Institutions Ranking (SIR) 2022. Penilaian tersebut berdasarkan tiga indikator, yaitu kinerja penelitian sebanyak 50 persen, hasil inovasi 30 persen, dan dampak sosial 20 persen. Berawal dari Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP), kampus UM juga dikenal sebagai IKIP tertua di Indonesia. UM memiliki fasilitas yang cukup lengkap, mulai dari asrama mahasiswa, kantor pos, masjid, poliklinik, sarana olahraga dari lapangan sepak bola, volley pantai hingga tenis.

3. Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)

Penting dicatat salah satu keunggulan UMM. Dia adalah salah satu dari 8 perguruan tinggi yang paling awal meraih akreditasi A dari BAN-PT, yaitu pada tahun 2013, saat pemerintah mulai menilai berbagai kampus di seluruh Indonesia. Untuk tingkat Provinsi Jawa Timur, UMM bahkan selama 9 tahun berturut-turut menyandang peringakt terbaik untuk Univeritas Swasta. Selain itu kampu ini juga meraih penghargaan Anugerah Kampus Unggul (AKU) sebanyak 10 kali dan empat kali menyabet penghargaan AKU Kartika dari Kopertis VII. Jangan kaget juga karena universitas ini menjadi urutan pertama universitas Islam terbaik di dunia, mengalahkan Iran University of Science and Technology dan Cairo University.

4. Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama)

Universitas di Malang yang dulunya bernama Universitas Kanjuruhan Malang ini terkenal karena dilengkapi dengan Pusat Studi Ketenagakerjaan. Unggulnya Pusat Studi ini karena rutin melakukan riset, pengkajian, konsultasi dan supervisi dalam bidang ketenagakerjaan. Bukan hanya itu juga mengelola database di bidang ketenagakerjaan. Unikama juga menerapkan Multi Acces Learning untuk beberapa mata kuliah, sehingga mahasiswa dapat belajar di mana dan kapan saja.

Baca juga: 20 Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia Versi Webometrics, UI di Posisi Pertama

5. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN)

Salah satu keunggulan dan kekhususan UIN Malang ialah bilingual university karena mengharuskan seluruh sivitas akademika untuk menguasai bahasa Inggris dan Arab. Pada tahun pertama, seluruh mahasiswa di UIN Malang wajib tinggal di ma’had atau pesantren. Sudah mengantongi Akreditasi A dari BAN-PT kampus ini memiliki International Class Program (ICP), di mana kurikulumnya di-review oleh empat perguruan tinggi di Australia. Berlokasi di Jalan Gajayana, Kecamatan Dinoyo, kampus ini terlihat gagah dan modern dengan luas lahan 14 hektar.

6. Binus University Malang

Berdiri tahun 2019, kampus ini terbilang baru berdiri di Kota Malang. Namun dalam waktu secepat itu, setidakanya sampai tahun 2022 lalu, universitas ini sudah memiliki 400 mahasiswa. Daya tampunnya sendiri bisa mencapai 5000 mahasiswa. Kampus ini juga dikenal dengan nama Digital Technology Entrepreneurship Binus Malang dengan menerapkan konsep 211, yang maksudnya mahasiswa dapat dua tahun kuliah di Malang, satu tahun di Jakarta atau Bandung, dan satu tahun lagi merupakan program magang di perusahaan.

7. Universitas Islam Malang (Unisma)

Bernaung di bawah Lembaga Pendidikan Ma’arif Nahdlatul Ulama, Unisma adalah juga pilihan terbaik karena menjadi perguruan ttinggi peringkat satu NU se-Indonesia. Dengan akreditasi B Unisma juga memiliki daya tarik bagi mahasiswa dari luar negeri. Tak heran bila universitas yang memiliki 15.000 lebih mahasiswa ini juga mendidik mahasiswa dari 34 negara lain. Para mahasiswa tersebut diajar oleh sekitar 500 dosen, terdiri dari 100 doktor dan 16 profesor.

8. Universitas Merdeka

Dikenal dengan sebutan Unmer, universitas Merdeka Malang ini masuk ke dalam 14 perguruan tinggi terbaik tingkat nasional dalam implementasi sistem penjaminan mutu internal menurut Dirjen Dikti. Kampus ini juga menjadi kampus swasta kedua terbaik di Kota Malang. Untuk akreditasi, kampus yang berlamat di Jalan Terusan Raya Dieng ini mendapat akreditasi B atau baik dari BAN-PT.

9. Universitas Ma Chung

Universitas ini dianggap istimewa dan unggul karena merupakan satu-satunya perguruan tinggi di Jawa Timur yang memiliki program studi Magister Manajemen Inovasi untuk program Pascasarjana (S2), dengan dua konsentrasi program studi yaitu Innovation Management dan Innovation Entrepreneurship. DIkenal juga karena mimpinya ingin mencetak top manager dan pebisnis andal. Kampus juga benar-benar menjadi inkubator bisnis yang membantu mahasiswa menjadi technopreneur. Ada pula fasilitas galeri investasi, yakni laboratorium pembelajaran dan penelitian pasar modal.

10. Universitas Di Malang: Universitas Gajayana

Salah satu kampus terbaik di Malang adalah Universitas Gajayana atau oarng menyebutnya Uniga. Meski masih mengantongi akreditasi B dari BAN-PT, Uniga memiliki fakultas yang telah terakreditasi A, yaitu program pascasarjana magister manajemen. Universitas yang berlokasi di jalan Mertojoyo Blok L, Merjosari, Malang ini juga punya asrama mahasiswa, poliklinik, berbagai laboratorium, serta tersedia jaringan internet di sekitar kampus.

Itulah sepuluh rekomendasi perguruan tinggi atau kampus-kampus unggulan yang banyak diminati di Malang. Semoga membantu bagi Anda yang sedang ingin mencari kampus di Malang dan sekitarnya, ya!

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat