visitaaponce.com

Yuk Bikin Kimchi Jjigae Ala BTSdi Rumah

Yuk Bikin Kimchi Jjigae Ala BTS di Rumah
MELALUI video pendek yang dibagikan di platform Weverse, Army dapat mengikuti resep untuk memasak Kimchi Jjigae(Dok. weverse)

MELALUI video pendek yang dibagikan di platform Weverse, Army atau panggilan untuk penggemar BTS, dapat mengikuti resep untuk memasak Kimchi jjigae ala BTS.

Kimchi jjigae adalah masakan Korea yang terbuat dari kimchi, daging, sayuran, dan bumbu-bumbu. Jjigae sendiri artinya sup atau guisado dalam bahasa Indonesia. Kimchi jjigae sangat populer di Korea dan menjadi salah satu hidangan yang paling umum di konsumsi sehari-hari.

Kimchi jjigae biasanya dimasak dalam panci berukuran sedang dengan api sedang hingga matang. Bahan-bahan seperti daging, bawang putih, bawang bombay, dan kimchi di tumis terlebih dahulu sebelum ditambahkan air dan bumbu-bumbu seperti gochujang (pasta cabai merah), gochugaru (serbuk cabai kering), dan kaldu tulang. Beberapa sayuran seperti tauge, daun bawang, dan wortel juga sering ditambahkan untuk memberikan cita rasa yang lebih segar.

Baca juga: Resep dan Cara Membuat Pisang Goreng Renyah Crispy

Kimchi jjigae memiliki cita rasa yang pedas dan asam karena kimchi yang digunakan sebagai bahan utama. Biasanya disajikan dengan nasi putih dan lauk pendamping seperti daging panggang atau ikan goreng. Kimchi jjigae juga dianggap sebagai makanan yang sehat karena kandungan vitamin dan probiotik yang terkandung dalam Kimchi.

Ini bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat kimchi jjigae ala BTS.

Baca juga: Rekomendasi Resep Kue Kering yang Seru Dipraktekan Bersama Anak Di Rumah

1.    227 gram kimchi 
2.    2 potong daging
3.    ⅓ bawang bombai 
4.    ¼ daun bawang
5.    230 ml Air
6.    1 sendok makan garam
7.    1 sendok teh bawang putih cincang
8.    ½ sendok teh gula pasir
9.    1 sendok makan minyak goreng

Langkah-langkah Memasak Kimchi Jjigae

1.    Potong kecil-kecil bawang bombai
2.    Potong daun bawang
3.    Potong daging
4.    Potong kimchi agar lebih mudah dimakan
5.    Panaskan minyak goreng di panci
6.    Masukkan daging ke dalam panci
7.    Masukkan potongan kimchi
8.    Aduk-aduk lalu masukkan air
9.    Tumbuk bawang putih hingga memiliki tekstur seperti dicincang
10.  Masukkan potongan bawang bombai dan bawang putih cincang
11.  Masukkan juga air kimchi lalu diaduk
12.  Tunggu hingga air mendidih
13.  Masukkan potongan daun bawang
14.  Kimchi jjigae siap dihidangkan

Kimchi jjigae identik dengan penggunaan daging babi. Namun apabila anda ingin menghindari daging babi, Anda bisa menggunakan bahan pengganti seperti ayam, sapi, atau makanan laut seperti udang atau ikan. 

Jika Anda ingin membuat kimchi jjigae vegetarian atau vegan, Anda bisa menggunakan tahu atau tempe sebagai pengganti daging. Anda juga bisa menambahkan jamur, misalnya shiitake atau jamur kancing, untuk memberikan rasa yang lebih gurih pada masakan. 

Perlu diingat bahwa menghilangkan daging dari resep kimchi jjigae akan mengubah rasa dan tekstur dari hidangan tersebut, sehingga Anda mungkin perlu menyesuaikan bumbu dan cara memasaknya agar mendapatkan hasil yang optimal. Semoga bermanfaat! (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat