visitaaponce.com

Korea Kimchi Festival Ajak Masyarakat Indonesia Ikut Olah Langsung Kimchi

Korea Kimchi Festival Ajak Masyarakat Indonesia Ikut Olah Langsung Kimchi
Ajang Korea Kimchi Festival 2023 di Universitas Nasional(dok. Ist)

AJANG Korea Kimchi Festival 2023 yang digelar di Auditorium Universitas Nasional (UNAS), Jakarta, Rabu (20/9) mengajak mahasiswa, dosen, dan tamu undangan mengolah langsung kimchi atau disebut Kimjang (proses mencampur acar kubis dan bumbu).

Puluhan peserta pun berantusias mengikuti proses Kimjang yang dipandu oleh chef asal Korea Selatan dari K-Food (Asosiasi Restoran Korea di Indonesia).

"Belakangan ini tidak hanya pelajar bahasa Korea saja, namun berbagai generasi di Indonesia pun menaruh perhatian terhadap Korea," kata Ketua AT Korea Agro-Fisheries & Food Trade Corporation, Lee Seung Hoon. 

Baca juga : Korsel Promosikan Kimchi untuk Rayakan 50 Tahun Hubungan dengan Indonesia  

"Oleh karena itu, bersama dengan K-Food kami mengadakan acara untuk memberikan experience baru masak bareng dan membuat sendiri soul food Korea Kimchi," sambungnya.

Kegiatan lain yang tak kalah seru adalah 'Pertunjukan Harmoni Bibimbap'. Bibimbap dibuat dengan berbagai lauk, nasi, dan pasta cabai merah.

Baca juga : Yuk Bikin Kimchi Jjigae Ala BTS di Rumah

Bibimbap merupakan salah satu hidangan nasi khas Korea yang populer di kalangan orang asing karena rasa dan gayanya.

Acara lainnya yang terjadi di Korea Kimchi Festival 2023 adalah pertunjukan tradisional Korea seperti samulnori dan tarian kipas.

Serta penampilan tim cover dance K-POP, dan stan promosi yang menawarkan mencicipi 'Geotjeori' yakni kimchi yang bisa dimakan seperti salad, dan 'Oisobagi' kimchi yang terbuat dari timun. 

Korea Kimchi Festival merupakan sebuah proyek global untuk mempromosikan kimchi sebagai makanan tradisional Korea ke seluruh dunia.

Selain di Indonesia, festival ini juga serentak digelar di sejumlah negara lainnya seperti Belgia, Filipina, dan Inggris.

Sementara itu, pemilihan UNAS sebagai lokasi Kimchi Festival 2023 tak lain karena kampus tersebut memiliki program studi Departemen Bahasa Korea.

"Kami mengucapkan terima kasih karena dipilih menjadi tempat menggelar Korea Kimchi Festival 2023. Memang kami termasuk nomor satu untuk pelajaran Bahasa Korea karena jarang sekali ada di kampus swasta," ujar Suryono Efendi, Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni Unas.

"Ini menjadi nilai tambah bagi mahasiswa dan dosen untuk mengenal selain Bahasa Korea tapi juga kebudayaan Korea seperti tarian dan termasuk makanan Korea yang diperkenalkan langsung kepada mahasiswa, dosen, karyawan, dan warga kampus Unas," tutupnya. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat